KONI Kab.Tasikmalaya Target Pertahankan Peringkat di Ajang Porprov XIV

 

Para atlet, pembina cabang olahraga (cabor), pengurus KONI di Jawa Barat (Jabar), saat ini tengah terfokus pada satu even olahraga cukup bergengsi, untuk bisa menunjukkan prestasi tinggi masing-masing. Tepatnya, menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jabar XIV/2022. Nama ajangnya di tahun 2022, namun debut pertandingan-pertandingan dimulai sejak September 2021.

Konsentrasi sama, halnya dengan KONI Kab.Tasikmalaya. Pengurus cabor memacu raih prestasi puncak. Atlet siap fisik mentalnya. Pengurus KONI ini menarget setidaknya dapat memertahankan prestasi peringkat tahun lalu di posisi 8 besar Jabar. “Di ajang porprov ini kita kirim 38 cabor,” aku Wakil Ketua I KONI Kab.Tasikmalaya, Maman S Dali, kepada Tasikplus.com.

Jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan pada Porprov 2022, ada 59 cabor. Menurut Maman, pihaknya, hanya mengirim 38 cabor, tentu dengan kesiapan yang ada. Itu berkaitan dengan potensi pembinaan atlet, pengurus cabornya, hingga ke sarana latihan yang terbilang masih banyak kebutuhan, namun belum semua dapat diadakan.

Pada pernyataan lain, Maman cukup sitir, kondisi fasilitas olahraga dan sarana latihan yang masih minim dimiliki. Namun, ucapnya, sangat beruntung dengan mental atau spirit para pelatih, atlet, pengurus cabor, yang masih tinggi menunjukkan prestasi yang dapat mengarumkan daerah. Ajang Porprov XIV akan dilangsungkan di tiga daerah berbeda yakni, di Kab.Subang, Bandung, dan Kab.Ciamis.

Ada beberapa cabor, sebut Maman, yang cukup diunggulkan Kab.Tasik. Selama ini kerap menjuarai ajang-ajang pertandingan. Sehingga ia percaya diri dengan target pertahankan peringkat. Di antara cabor-cabor unggulan itu, aeromodeling, anggar, petanq, silat. Sedangkan yang menahan lebih banyak lagi cabor disertakan kabupaten ini di porprov, lantaran beberapa masih tertahan berkembang, seperti angkat besi, bridge, renang pantai, dan terjun payung. red