H Beben: Polbim Siap Bimbing SDM Entreprenurship

Kampus Polbim sementara yang dipersiapkan di kompleks Ruko Mayasari Plaza, Jl Pasarwetan, Kota Tasikmalaya
Memasuki awal tahun akademik 2021/2022 ini, satu lembaga pendidikan tinggi vokasi beroperasi di Tasikmalaya. Siap menerima dan menempa kompetensi kalangan generasi muda, terlebih penduduk di Priangan Timur. Tepatnya di Politeknik Bisnis Mayasari (Polbim), berkampus di Kota Tasikmalaya.

Menempati kampus di awal beroperasi ini di Jl Pasarwetan, kompleks Ruko Mayasari Plaza, Kota Tasikmalaya, dan pengembangan kampusnya sudah dipersiapkan di wilayah Kec.Tamansari, Kota Tasikmalaya, Polbim mengantongi izin operasi dari kementerian pada Desember 2020, besutan Yayasan Mayasari Bakti Utama.

Dalam satu obrolan bersama pengelola Polbim, H Beben Bahren SE MS, disebutkannya dengan beberapa perhitungan atau pertimbangan, akhirnya PT Mayasari Grup menghadirkan lembaga pendidikan politeknik ini. Ia siratkan untuk cukup fokus melahirkan sumber-sumber daya manusia terampil, inovatif, kreatif.

“Kita perhitungkan kampus ini untuk menghasilkan lulusan bermental entrepreneur atau entrepreneurship (berjiwa wirausaha), dengan proses pembelajaran didukung sarana prasarana memadai, tenaga pengajar berkeahlian sesuai matakuliah, hingga peluang penyaluran atau penyerapan lulusan di lingkup bisnis Mayasari Grup.

Polbim membuka prodi-prodi dengan lulusan sarjana terapan (S.Tr) dalam lapangan kerja terbuka kekinian, terdiri prodi Bisnis Digital (BD), prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW), dan prodi Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah. Tak kalah pertimbangan pendirian prodi atas keberadaan basis-basis bisnis di Mayasari Grup.

Beasiswa Mayasari Foundation

Menyertai operasional polteknik ini, lembaga Mayasari Foundation siap membantu berikan beasiswa bagi mahasiswa baru tahun ini. Bahkan sejak sekarang, khusus bagi mereka asal keluarga pegawai di Mayasari Grup, berlaku pengurangan SPP 10%. Lalu, untuk lulusan terbaik, mendapat prioritas diterima dalam seleksi-seleksi penerimaan pegawai di lingkup Mayasari Grup.

Korporasi besar dengan owner asal Kota Tasikmalaya ini, cukup populer dengan pengelolaan perusahaan otobis (PO)-nya di DKI Jakarta. Di luar itu, cukup punya visi pergerakan lain lembaga ke bidang sosial, pendirian rumah sakit, keagamaan, kemudian dunia pendidikan yang sudah jalan sejak jenjang PAUD, SLTA, hingga perguruan tinggi.

Amanah keluarga owner

Beben sempat menambahkan, hal yang melatarbelakangi saat ini membuka Polbim antara lain, sebagai refleksi dari amanah keluarga pendiri, terutama isteri owners (pemilik) Mayasari Grup, Hj Siti Muniroh, untuk membuka jenjang pendidikan tinggi, termasuk kelak memiliki Fakultas Kedokteran.

“Konsep buka kami sebenarnya ke universitas. Namun, saat ini dalam kenyataan pemerintah tengah melakukan moratorium pendidikan tinggi, dan yang diarahkan berupa politteknik. Makanya, kami pilih ini. Mudah-mudahan ke depannya, jenjang universitas bisa kami hadirkan,” beber akademisi yang purnabakti dekan FE Universitas Siliwangi sekitar setahun lalu itu.

Hal lain yang melatarbelakangi pendirian Polbim, imbuh Beben, sudah jadi konsumsi umum belakangan ini ada kenyataan merebaknya jumlah lulusan jenjang pendidikan SMK yang kurang tersalurkan ke jenjang pendidikan tinggi, serta lapangan kerja. Di sisi lain, khusus di Mayasari Grup ada korelasinya dengan temuan-temuan dan kebutuhan nyata akan sumber daya terampil, kreatif, inovatif, sarat ide memulai bisnis. Di tahun pertama operasionalnya, Polbim siap menerima 90 orang mahasiswa baru. gus