Cegah Penyebaran Corona Sambangi Tempat Ngabuburit

 

Petugas melancarkan patroli, memasuki keramaian dadakan pada jelang adzan Magrib, untuk mengingatkan warga tetap cegah penyebaran corona.

Dalam beberapa hari ini, ada aktivitas lebih masyarakat dari biasanya. Terutama potret menjelang adzan Magrib di bulan Ramadan, banyak konsentrasi warga mengerumun di lokasi-lokasi keramaian tertentu.

Saat sore hari itu bersamaan waktu yang ditunggu tibanya berbuka puasa. Entah siapa memulai di banyak lokasi strategis di Kota Tasik, jadi pusat penjualan makanan ringan, lauk nasi, hingga makanan pembuka (takjil) yang spontan digeromboli warga.

Lokasi-lokasi keramaian baru ini biasanya hening lagi di bulan Syawal atau selepas Ramadan mendatang. Titik-titik yang dipilih, mulai dari pinggiran jalan yang lapang, sekitar persimpangan, samping pusat perbelanjaan, pusat kota kecamatan, dll.

Tak mau lalai area konsentrasi massa membawa masalah. Aparat kepolisian di Polsek Indihiang, Polres Tasikmalaya Kota, berusaha membaur. Mengingatkan warga memerhatikan jarak, memakai masker, memerhatikan proktokol kesehatan, agar aktivitas ngabuburit itu tak menimbulkan dampak di tengah pandemi Covid-19.

Yang jadi perhatian aparat kepolisian ini halnya, di seputaran Alun-alun Indihiang, persimpangan jalan Parhon, kawasan Cigeurung, Sanyuran, dan ruas jalan Mangin. Di lokasi-lokasi itu, cukup dipadati masyarakat sehari-harinya yang akan mencari menu buka puasa  hingga sekadar ngabuburit.

Dalam giat patrolinya, seperti pada Kamis (29/4), petugas meminta masyarakat memerhatikan potensi yang dapat terkena virus corona atau diingatkan selalu dalam sikap melakukan pencegahan penyebaran COVID-19, perhatikan 5 M.

Kapolsek Indihiang, Polres Tasikmalaya Kota, Kompol Didik Rohim Hadi, dalam keterangan, pihaknya tak melarang masyarakat untuk berjualan dan berbelanja keperluan untuk berbuka puasa. Namun ia hanya menekankan agar tak berkerumun dalam situasi wabah corona saat ini.

“Kita mengimbau kepada masyarakat supaya tetap jaga jarak, tetap melakukan pencegahan, tidak bergerombol di tempat umum, pakai masker. Beli makan silakan, tapi langsung pulang,” pintanya Kamis sore itu. Giat patrolinya bersama jajaran dilakukan setiap hari. red