Ratusan Warga di Kota Tasikmalaya Tiba-tiba Terkonfirmasi Terpapar Covid-19

 

Petugas langsung mendatangi dan mengamankan lokasi pesantren tak lama mengemuka ada ratusan warganya terpapar Covid-19

Menjadi informasi cukup menyita perhatian. Khusunya di Kota Tasikmalaya. Santri satu pesantren dikabarkan dalam jumlah ratusan terpapar Covid-19. Pemerintah daerah terus mengambil langkah sigap mengarantina mereka.  

Menyusul kabar itu, para orangtua santri sejak Kamis (18/2), mendatangi pesantren dan menjemput anaknya untuk dibawa pulang. Kabar menyeruak paparan Covid-19 di pesantren di wilayah Kec.Cipedes itu, ramai dalam jejaring sosmed, sejak Rabu (17/2).

Dari satu data, ada sekitar 50 santri yang siap dijemput pulang sebelum dipulangkan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya. Sedangkan laporan jumlah santri terkonfirmasi Covid-19 di pesantren itu hingga berjumlah 383 orang.

Sejumlah santri tampak keluar asrama sambil membawa pakaian dan buku pelajaran ke kendaraan yang dibawa orangtua. Pejabat Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, mengatakan terhadap mereka dilakukan screening dan tes PCR, diharapkan dari tes yang dilakukan hasilnya negatif.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, dr Uus Supangat, Kamis mengatakan, dari 383 orang yang positif, 110 orang masih menjalani isolasi dan karantina di hotel yang sudah dijadikan lokasi karantina yakni, Mahkota Graha, Kota Tasikmalaya.

"Karantina lainnya, ebanyak 55 orang di RS Dewi Sartika, 175 orang di lingkungan pesantren, satu orang dirujuk ke RSHS, satu orang dirujuk ke Puskesmas Lakbok Ciamis, tiga orang sudah dipulangkan, dan 32 orang melakukan isolasi mandiri,” beber dr Uus kepada pers Kamis (18/2).

Seterusnya, Uus mengakui, di hari itu santri yang dipulangkan berjumlah 50 orang dengan hasil tes negatif. Bagi yang lainnya, sebelum dipulangkan Dinas Kesehatan melakukan screening dan tes PCR.

Sekilas dari pantauan, para santri dan tenaga pengajar pesantren yang dikarantina dan isolasi di hotel, terlihat melakukan aktivitas berjemur, olahraga, serta pemeriksaan rutin oleh pihak Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, hingga Selasa (16/2), secara akumulatif warga Kota Tasikmalaya yang terpapar Covid-19 berjumlah 3.926 terkonfirmasi positif. Dalam jumlah 3.065 orang sudah dinyatakan sembuh, 792 orang masih menjalani isolasi, dan 68 orang keninggal dunia. red