Aparat Terus Lancarkan Upaya Cegah Pandemi Covid

 

Memimpin sidak di Pasar Cikurubuk, Kapolres AKBP Doni Hermawan dan tim membagikan masker kepada warga di pasar.

Aparatur pemerintah di Kota Tasikmalaya, terus memacu langkah cegah penyebaran pandemi Covid-19. Upaya seiring jumlah warga terkena positif virus corona yang masih bertren tinggi. Selain dengan vaksin yang mulai disuntikkan terhadap sasaran, area tempat keramaian atau aktivitas masyarakat jadi perhatian petugas.

Pada Selasa lalu halnya, aparat gabungan mendatangi kompleks Pasar Induk Cikurubuk. Inspeksi mendadak (sidak) itu langsung dipimpin Kapolresta Tasikmalaya, AKBP Doni Hermawan dan Dandim 0612/Tasikmalaya, Letkol Inf Ary Sutrisno. Selain melibatkan anggota instansi TNI, Polri, aparat lainnya dalam sidak tampak dari BPBD serta Satpol PP.

Setiba di lokasi pasar terbesar di Priangan Timur itu, puluhan petugas menyusuri sudut-sudut pasar untuk mengedukasi, menyosialisasikan, pentingnya cegah covid dengan disiplin protokol kesehatan. Selalu memakai masker, menjaga jarak, sering cuci tangan. Tak kalah jadi perhatian kapolres dan dandim ikhwal kurangnya alat kebutuhan cuci tangan di lokasi pasar. 

Dalam sidak, petugas masih menemukan warga atau pengunjung pasar yang tak disiplin menggunakan masker. Namun itu dalam jumlah yang tak banyak. "Secara umum untuk penerapan protokol kesehatan (prokes) sudah bagus. Hanya satu dua yang tak pakai masker," kata kapolres kepada awak pers, beberapa saat seusai sidak.

Selebihnya untuk soal sarana alat cuci tangan yang dinilai masih kurang memadai. "Tempat cuci tangan harus diperbanyak,” katanya, Selasa (2/2). Bersamaan sidak, gabungan petugas ini membagi-bagikan masker kepada para pedagang serta pengunjung pasar.

Terpisah, Kepala UPTD Pasar Cikurubuk, Kota Tasikmalaya Udin, mengungkapkan, soal ketersediaan sarana tempat cuci tangan memang saat ini baru ada sembilan titik dari idealnya adalah 20 titik. Diharapnya instansi terkait yang mengalokasikan pengadaan sarana penunjang cegah covid itu nantinya dapat memenuhi kebutuhan soal ini.

Pengakuan Udin, secara umum warga pasar sudah memahami soal keharusan perhatikan prokes untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. Pihaknya juga akan terus melakukan edukasi soal ini.

Aktivitas lain aparat cegah pandemi covid di Kota Tasikmalaya, tampak jadi pemandangan mudah terlihat, melakukan operasi yustisi di sejumlah titik jalan hingga pinggiran daerah. Pagi, siang, sore, aparat gabungan menggelar operasi dengan kegiatan memberi edukasi, menghentikan pengendara yang tak pakai masker, menegur hingga memberinya tindakan. red