Aksi Peduli Relawan Yanto Oce Dukung Cegah Pandemi Covid

 

Para relawan Yanto Oce, di satu kesempatan foto bareng, mendokumentasikan kegiatan di sekitar kompleks Dadaha.

Di tengah masa pandemi Covid-19, sekelompok orang ini secara mobile melakukan aksi-aksi kepedulian sosial. Halnya pada Jumat (16/10), mereka melakukan penyemprotan disinsfektan di lingkungan kompleks perumahan Kota Baru, Kec.Cibeureum, Kota Tasikmalaya, kemudian berakhir di kompleks olahraga Dadaha.

Pengakuan mereka, setiap hari dengan berjumlah beberapa orang, terus melancarkan aksi kemanusiaan, mulai dari merespons atau memenuhi permintaan warga, selain yang sudah diagendakan. Kelompok warga ini, sekilas dengan dress code kaosnya bertuliskan, Tim Relawan Yanto Oce.

Aktivitas sosial beberapa warga Kota Tasikmalaya yang tampaknya tersambung kepada sosok putra Tasikmalaya, H Yanto Aprianto, asal keluarga besar H Oce, warga Cibeureum sekitar kompleks Lanud, Kota Tasikmalaya. Bagi sekalangan warga, nama H Yanto adalah sosok yang dinanti saatnya pulang dari selama ini aktivitasnya banyak di luar kota.

Belakangan sosok profesional kurator yang lebih populer sebagai pegiat sosial itu banyak mengemuka namanya. Sekalangan publik mengharapnya, kelak ia mendedikasikan dirinya bagi warga Kota Tasikmalaya, seiring agenda pemilihan pemimpin Kota Tasikmalaya di 2022.

“Ya, sejak Maret lalu, bersamaan munculnya pandemi Covid-19, kita ambil bagian, merefleksikan niat berbagi peduli. Bareng rekan-rekan ini. Kita gelar beberapa kegiatan sosial ke masyarakat,” jawab Eris Krismayanto, pemberi keterangan dalam kelompok penyelenggara penyemprotan disinsfektan di sekitar Stadion Dadaha.

Tak ia elak, dirinya bersama sejumlah rekan terus melancarkan baksos dengan menamakan, Relawan Yanto Oce. Berinisiatif turut mencegah penyebaran Covid-19. Sudah banyak tempat ia sasar dalam sasaran kompleks perumahan, masjid-masjid, tempat keramaian umum, area fasilitas umum dan sosial (fasum/fasos).

Selain melancarkan aktivitas turut membantu pemerintah cegah Covid, bentuk kepedulian sosial lainnya ada juga pemberian sembako pada kalangan masyarakat kurang mampu. “Malah ada yang sudah jauh hari kita gelar, sebelum ramai pandemi covid ini, yaitu melakukan pogging pada sejumlah kawasan, dan pembagian air bersih saat kemarau,” akunya. 

Menurut Eris lagi, belakangan ini bermunculan kalangan-kalangan simpati ke Yanto Oce. Kemudian, mereka membentuk kelompok-kelompok relawan. Seperti kelompok Eris ini yang berlatar belakang teman sekolah jenjang SMP. Lainnya, ada komunitas relawan berlatar kawan main dulu, teman SMA, komunitas hobi, dll. gus