Peringatan Konfrensi Asia Afrika Dihantui Virus Corona



Warga Kota Bandung mendukung langkah Pemerintah Kota Bandung yang tetap menggelar peringatan Konferensi Asia Afrika ke-65 sesuai jadwal.

Dian Andriawan (28), salah seorang  karyawan swasta asal Ujungberung, mengatakan, virus corona yang saat ini mewabah tidak menjadi alasan untuk menunda semua kegiatan, termasuk  Peringatan KAA.

"Saya kira di Bandung aman ya, yang positif kan baru dari Depok. Memang banyak informasi yang simpangsiur. Intinya sih tetap jaga kesehatan dan tidak panik dengan informasi yang belum pasti atau hoax," ujar Dian, Rabu (4/3/2020) seperti yang dikutip jabar.tribunnews.com

Senada dengan Dian,  Teguh Prayitno (27), warga Ciwastra Kota Bandung  menilai kegiatan KAA dapat tetap digelar namun dengan sejumlah catatan. Misalnya dilakukan pemeriksaan kesehatan kepada setiap peserta yang hadir sebelum acara.

Wakil Walikota

 
Sebelumnya, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meminta Kadisbudpar berkoordinasi dengan Kemenlu memastikan gelaran peringatan KAA.

Sebab, kata Yana Mulyana, dalam peringatan KAA itu akan melibatkan banyak orang dari berbagai negara.

Bahkan, tambahnya dalam kegiatan KAA tahun ini diperkirakan, bakal ada seribu orang yang terlibat.

"Kota Bandung ini kan Kota yang terbuka. Saya kemarin tugaskan ke Bu Kadis untuk konsultasi ke Kementrian, apakah akan dijadwal ulang atau tetap dilaksanakan, atau seperti apa," ujar Yana, saat ditemui di Balai Kota, Selasa (3/3/2020).

Setelah Kadis Kebudayaan dan Pariwisata berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, kata Yana, pihaknya baru dapat menentukan langkah selanjutnya.

Selain KAA, ujar Yana, sejauh ini belum ada lagi kegiatan yang melibatkan banyak orang dari berbagai negara di Kota Bandung.

"Sekarang fokusnya ke KAA dulu, karena selain melibatkan banyak orang, tapi dari berbagai negara juga, banyak juga negara anggota Asia Afrika yang sudah terpapar," ucapnya.


Kadis Disbudpar

 
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata ( Disbudpar ) Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari memastikan peringatan ke 65 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) tetap digelar sesuai jadwal.

Kepastian itu didapat setelah Disbudpar  berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) pada Selasa, 3 Maret 2020.

Peringatan KAA dijadwalkan digelar pada 18 April 2020.

"Masih sesuai jadwal, hasil koordinasi dengan pihak Kemenlu kemarin siang," ujar Kenny Dewi Kaniasari saat dihubungi, Rabu (4/3/2020).

Pada pelaksanaan peringatan KAA nanti, Disbudpar akan mengambil langkah prefentif guna meningkatkan kewaspadaan masyarakat dan para tamu terhadap virus corona.

"Disbudpar sudah pasti terus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan untuk memantau perkembangan virus corona ini," katanya.* sit