Jelang Festival Asia Afrika April Mendatang, Petugas Gabungan Membersihkan Lokasi Kegiatan




Petugas gabungan  membersihkan trotoar di Jalan Braga, Kota Bandung

Dalam  rangkaian jelang kegiatan Festival Asia Afrika April mendatang, petugas gabungan membersihkan kawasan Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/3/2020).

Petugas gabungan terdiri dari personel Diskar, DPU, Satpol PP, dan relawan.

Pembersihan itu seperti rotoar jalan digosok menggunakan sikat dan disemprot air mobil Damkar Bandung dan tangki. Bukan hanya Jalan Asia Afrika, petugas juga membersihkan Jalan Braga, Jalan Sukarno dan sekitar Alun-alun Kota Bandung.

"Kegiatan ini merupakan agenda yang dilaksanakan setiap tahun, kita bersih-bersih tidak hanya terikat oleh event. Nanti akan terus bergerak tidak hanya dititik pusat perkotaan, tapi merambah ke jalur dan wilayah lain," kata Sekda Kota Bandung Ema Sumarna di Jalan Sukarno seperti yang dikutip news.detik.com

Ema mengungkapkan kegiatan bersih-bersih ini tidak hanya melibatkan petugas dari dinas saja. Aparat kewilayahan di kecamatan, kelurahan, dan juga warga juga dilibatkan.

"Sekarang memang kebetulan di bulan depan ada Festival Asia Afrika. Ini yang akan kita awali dan utamakan dulu, dan di kawasan ini tidak hanya sekali saja, dalam waktu dekat akan melibatkan relawan yang lebih banyak," tutur Ema.

Ema juga menambahkan, giat bersih-bersih itu juga merupakan pengabdian Damkar yang baru berulang tahun ke 101 dan menjelang HUT Satpol PP.

"Ada semacam kebetulan saja dari event ini (FAA) berkorelasi dengan perayaan di SKPD. Semuanya kita hadirkan dalam bentuk pengabdian yang lebih baik. Kita harapkan tiga bulan dilakukan (bersih-bersih bersama), tidak hanya ada event," tuturnya.

Kepala Damkar Kota Bandung Dadang Iriana menyebut 200 orang petugas gabungan terlibat dalam kegiatan ini. "Anggota Damkar 40 orang, DPU 100 orang, Satpol PP 30 orang dan puluhan relawan, kami bersihkan kawasan yang akan digunakan untuk Festival Asia Afrika, dari mulai Jalan Braga, Asaia Afrika, Soekarno dan Alun-alun," ujar Dadang.* sit