Sukaresik Menjadi Daerah Langganan Banjir










Disebabkan terjadinya pendangkalan serta pertemuan dua arus sungai, yakni Sungai Citanduy dan Sungai Cikidang,   wilayah Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya  menjadi daerah langganan banjir, terutama saat musim hujan.

Data yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, wilayah Sukaresik  merupakan tempat genangan air saat hujan menguyur wilayah itu.

"Sebagian wilayah di Kecamatan Sukaresik adalah daerah banjir. Ini disebabkan akibat pertemuan dua sungai,  Sungai Citanduy serta Sungai Cikidang," kata Pelaksana tugas Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Nuraedidin yang dikutif dari jabar.suara.com

Daerah yang cukup parah terdampak banjir yakni Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik. Di daerah ini genangan air bisa setinggi lutut orang dewasa dan meluber ke pemukiman warga.

Dikatakan, pertemuan dua sungai besar itu sudah dangkal dan sempit.  Akibatnya saat hujan deras terus menguyur dipastikan air meluap menggenangi ruas jalan dan pemukiman warga.

Pertemuan dua sungai itu berada di Desa Tanjungsari

BPBD Tasikmalaya sudah menyampaikan permasalahan ini  ke Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy  agar segera melakukan upaya untuk menangani permasalahan tersebut.

Diharapkan pihak BBWS segera melakukan tindakan konkrit untuk  memantau kondisi aliran sungai.* sit