Para Kandidat dan Tim Berdeklarasi Pilkades Damai di Kab.Tasikmalaya

Mengepalkan tangan untuk menandai kesepakatan menjalankan pilkades penuh kedamaian hingga sukses, ditunjukkan para kandidat serta mereka yang telribat di acara Deklarasi Damai Pilkades Kab.Tasikmalaya

Di perjalanan menjelang pelaksanaan Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) Serentak Kab.Tasikmalaya, pada Rabu pekan kemarin, giliran para kandidat bakal calon kepala desa beserta elemen lainnya, menyepakati pelaksanaan pilkades damai. Kesepakatan disuarakan dengan satu gelar “Deklarasi Pilkades Damai”.
Pelaksanaan deklarasi itu di wil.Kecamatan Manonjaya, tepatnya Rabu (25/9). Selain para bakal calkades tampak dalam acara, jajaran panitia pilkades, unsur muspika, para kades, kalangan tokoh masyarakat/pemuka agama, di wil. Kec Manonjaya. Di kecamatan ini tercatat ada 52 bakal calon kades, dengan empat desa yang akan pilkades, terdiri Desa Manonjaya, Cilangkap, Margahayu dan Desa Gunajaya.
Dalam rangkaian acara inti, Camat Manonjaya Drs Bangbang Suryana, membacakan butir-butir isi deklarasi seperti, menyatakan menolak money politics, menolak ASN dan perangkat desa untuk kampanye, menolak kampanye di luar jadwal yang telah ditentukan panitia, dll.
/Deklarasi di Jamanis/
Di tempat lainnya, gelar deklarasi Pilkades Damai, Senin (23/9), berlangsung di wil.Kecamatan Jamanis. Di kecamatan ini nanti ada dua desa yang bakal gelar pilkades yakni, Desa Sindangaraja dan Desa Tajungmekar.
Menurut Ketua Panitia Pilkades Sindangraja, Aa Sudirman SAg M.MPd, di antara tahapan pilkades ditetapkan pendaftaran sampai tanggal 9 Oktober 2019, dan berdasarkan Perbup No 37 Tahun 2017 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pilkades Pasal 39 Ayat 2, mulai tanggal 10 Oktober dimulai kampanye.
Saat memberi sambutan, Camat Jamanis Winardi Hidayat SIP MSi berharap, dengan deklarasi pilkades menguatkan ikatan silaturahmi, tercipta senergitas, komunikasi dan koordinasi kegiatan. “Untuk kedewasaan berdemokrasi dalam pilkades, mari kita musyawarahkan jika ada permasalahan,” ajaknya.
Kedua camat juga beharap, melalui kesepakatan yang dibangun dalam deklrasi itu, pada giliran terlaksana pilkades sukses, lancar, dan tertib. Pilkades Kondusif, bermartabat. ade/dra