Belum Cukup Pengaruhi Suplai PDAM


Hujan belum kunjung turun dalam 2-3 bulan ini.  Hujan masih turun di awal Juni lalu. Di musim kemarau sampai saat ini, suplai air PDAM Tirta Sukapura Tasikmalaya,  masih dalam kndisi normal. Meski sudah berdampak.
Dalam satu obrolan bersama direksi PDAM tirta Sukapura Tasikmalaya,  mengemuka ada penyusutan produksi debit air baku di lokasi sumber air PDAM.
"Sudah ada catatan penyusutan air baku di lokasi sumber air dampak kemarau sekitra 25% dari debit normalnya, " ujar Direktur Teknik PDAM tirta Sukapura,  Didin Dahidin ST,  Rabu (29/8).
Didin yang didampingi Direktur Umum, Ali Imran,  menerangkan,  dengan penyusutan sebesar itu belum signifikan memengaruhi suplai air layanan ke pelanggan. ""Dengan pengurangan debit ini dalam aliran distribusi ke pelanggan jadinya paling ada penyusutan 5%. Pelanggan yang berada di paling hilir,  biasanya yang mengalami sendatan, " katanya.
Lain cerita jika sudah berlangsung enam bulan. Berdasar pengalaman lalu,  menimbulkan penyusutan debit air baku,  hingga 35%. Aliran distribusi tersendat agak meluas.
Sebagai langkah antisipasi layanan ke pelanggan tetap berjalan,  perusahaan daerah ini pun,  terus berupaya mengoptimalkan jaringan.  Menekan angka kebocoran dan melakukan proporsionalitas sistem distribusi pipa induk.
Melayani wilayah Kota Tasik selain Kab. Tasik,  angka pelanggan PDAM Tirta Sukapura kurang lebih 41 ribuan orang.  Angka produksi air baku dari beberapa sumber mataair, 360-an liter per detik. Angka rata-rata penggunaan air pelanggannya 13 m3 per hari. red