Puskesmas Culamega rutin gelar penyuluhan dan pemeriksaan Bumil.

Kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan bumil

Kesadaran ibu hamil untuk bersemangat menjaga kesehatanya akan juga berpengaruh terhadap kesehatan janin yang di kandungnya, selain mampu menjaga pola dan menu makanan yang punya kandungan gizi, kesadaran ibu hamil menjaga pola istirahat sekaligus rutin mengontrol kehamilanya menjadi rangkain proses yang lakukan oleh bumil. Untuk hal ini, puskesmas culamega Tasik selatan melakukan serangkain kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan ibu hamil secara rutin di 5 desa se Kec. Culamega.


Seperti halnya saat di gelarnya penyuluhan dan pemeriksaan ibu hamil di desa mekarlaksana rabu (11/7) oleh petugas di puskesmas Culamega. Puluhan bumil di desa tersebut mendapatkan penyuluhan sejumlah cara untuk tetap menjaga kesehatan bumil berikut janinnya sekaligus kesadaran mereka melakukan pemeriksaan rutin kondisi kandunganya kepada Dokter ,Bidan atau datang ke posyandu secara rutin di lingkunganya. Penegasan pentingnya kesadaran bumil di sampaikan Dokter Puskesmas Culamega dr Rofik rohman, selain kesadaran bumil jaga kesehatan, penguatan psikologi juga menjadi hal yang penting guna mempersiapkan mental bumil saat melahirkan nanti.
selain pengawasan dan pendampinga kesehatan, kami juga siap lakukan konseling psikologis bagi ibu hamil
jelasnya.

Sementara kepala UPTD Puskesmas Culamega, Edi kepada //Tasikplus// menyatakan kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan ibu hamil menjadi agenda rutin jajaranya agar melakukan pengawasan kondisi para ibu hamil guna meminimalisir kejadian kematian ibu dan anak saat masa kehamilan dan bersalin. Selain tenaga kesehatan, kader posyandu pun di libatkan untuk kegiatan tersebut"kami akan terus lakukan pengawasan kepada seluruh ibu hamil yang sebelumnya telah kami data"pungkasny.

Oleh: MZ. Saeful