DPD PGM Kota Tasik Minta Polisi Segera Tangkap Pelaku Pungli

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Guru Madrasah (DPD PGM) Kota Tasikmalaya, Asep Rizal Ansyari

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Guru Madrasah (DPD PGM) Kota Tasikmalaya, Asep Rizal, meminta aparat penegak hukum segera menangkap terduga pelaku pungutan liar (pungli) yang belakangn menyasar sekolah-sekolah.

Jika tak segera diamankan, ia khawatir pelaku akan diamuk masaa mengingat saat ini sudah banyak pihak yang merasa resah dan dirugikan dengan aksi pelaku.

Bukti keseriusan atas desakannya itu,kata Asep, DPD PGM Kota Tasikmalaya pun berencana menggelar audiensi dengan Polres Tasikmalaya Kota, Kamis (23/11).

"Dalam audiensi nanti, kami akan pertanyakan juga kenapa pelaku hinggankini belum ditangkap/diamankan. Padahal sudah ada dua laporan perkara (LP) ke Polsek Cisayong," tandasnya dihubungi melalui WhatsApp.

Aktivis NU ini menambahkan, untuk kesiapan audiensi besok, dirinya sudah menyebarkan pemberitahuan kepada pengurus DPD PGM lainnya. Ia juga sudah menyiapkan beberapa bukti dugaan punngli yang dilakukan pelaku. Salah satunya bukti kwitansi.

Asep mengimbau, siapapun yang merasa menjadi korban pelaku untuk segera melapor ke polisi.

"Kalau canggung, DPD PGM Kota Tasik siap mendampingi/mengadvokasi pelaporannya," ujar Asep.

Seperti diketahui, saat ini pengelola sekolah dan desa/kelurahan di Kota dan Kab.Tasikmalaya diresahkan dengan prilaku seseorang yang datang dan memaksa meminta sejumlah uang. Dalihnya sebagai partisipasi kegiatan yang ia gagas.

Tarif yang diterapkan si pelaku berkisar Rp 400-500 ribu. Untuk menambah daya jual, dalam aksinya pelaku mengembel-embeli dirinya sebagai ketua atau pengurus organisasi tertentu. (ter)

Oleh: Piter