Koramil Dibantu Kendaraan Taktis

Satu seremoni penyerahan kendaraan taktis (rantis), berlangsung di markas Kodim 0612/Tasikmalaya, Senin (10/7/23) pagi. 

Kendaraan berupa mobil mungil dinamai Fin Komodo. Didistribusikan kepada empat Koramil di bawah Kodim Tasikmalaya.

Kendaraan tersebut untuk menunjang operasional kinerja dan pelaksanaan tugas. Penerimanya, Koramil Sodonghilir, Koramil Salopa, Koramil Cikatomas dan Koramil Tawang.

Kepala Staf (Kastaf) Kodim Tasikmalaya, Mayor Inf. Deni Zaenal Muttaqin mengatakan, pemberian kendaraan ini bertujuan untuk menunjang kinerja Babinsa, terutama di daerah-daerah terpencil.

"Kendaraan ini menunjang tugas pokok Babinsa, untuk menjangkau wilayah sulit dilalui, seperti jalan rusak, jalan berbatu atau berlumpur. Untuk evakuasi seandainya terjadi bencana atau warga yang sakit," katanya dalam acara penyerahan itu.

Deni mengungkapkan, bantuan kendaraan taktis ini didapat dari Panglima Kodam III Siliwangi. "Ini bantuan dari bapak Pangdam. Jadi semuanya ada 15 unit, Kodim 0612 Tasikmalaya dapat 4 unit," kata Deni.

Deni menambahkan pemberian bantuan kendaraan ini merupakan penghargaan dari Pangdam, sehingga Babinsa yang mendapat inventaris kendaraan ini harus memanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan tanggung jawab merawat.

"Pangdam sudah memberikan fasilitas, tugas kami adalah memanfaatkan untuk tugas dan merawatnya," kata Deni.

Deni menambahkan, Tasikmalaya didominasi oleh wilayah pegunungan dan perbukitan. Ada 20 Koramil yang berada di wilayah pinggiran Tasikmalaya. 

Sehingga idealnya bantuan kendaraan itu didapat oleh 20 Koramil tersebut. "Namun tentunya bertahap, sekarang 4 unit dulu," kata Deni.

Kendaraan bantuan Pangdam itu tampak unik. Dimensinya kecil, daya tampungnya dua orang termasuk sopir. Mobil ini memiliki tampang gahar dengan roda offroad.

Mobil bertransmisi otomatis ini dibekali mesin mungil 250 CC. Anggota Babinsa yang mencoba tampak tidak kesulitan mengendarai Komodo ini. red
 

0 Komentar