Panitia PMB Unsil Mengaku Persiapkan Maksimal Fasilitasi UTBK/SNBT

Sejak Senin (8/5) sampai Minggu (14/5), para calon mahasiswa pendaftar di kampus-kampus perguruan tinggi negeri (PTN), tengah mengikuti proses seleksi penerimaan mahasiswa baru (PMB) tahun 2023.


Kali ini, PMB jalur ujian tulis berbasis komputer atau disebut juga seleksi nasional berdasarkan tes (UTBK/SNBT). UTBK/SNBT merupakan model kedua setelah yang pertama jalur SNBP (seleksi nasional berdasarkan prestasi).

Demikian juga yang tengah berlangsung di kampus Unsil Tasikmalaya, jajaran penyelenggara lokal memersiapkan segala sarana prasarana yang diperlukan sejak jauh hari pelaksanaannya. Dengan jumlah peserta membludak dari quotanya.

Selain pelayanan terhadap mereka yang di luar Tasikmalaya, kampus ini memetakan dua lokasi ujian yakni, di kampus Jl Siliwangi Kota Tasikmalaya, serta kampus 2 Unsil di wilayah Kelurahan Mugarsari, Kec.Tamansari.

“Rasanya sudah kita persiapkan betul maksimalnya fasilitasi kegiatan PMB ini. Semoga semuanya terselenggara baik”, aku Wakil Rektor I Unsil, Prof Dedi Kusmayadi yang juga ketua PMB 2023 Unsil.

Halnya ia sebut penempatan koordinator TIK yang lebih siap, kondisi ruangan bisa dikata di atas standar, misal dengan penempatan AC, komputer-komputer bagus. Tiap ruangan berkapasitas peserta 25 – 30 orang, sampai penyiapan genset jaringan listrik bekerja sama dengan PLN.

Untuk angka pesertanya mencapai 11 ribuan orang dalam pilihan 1 dan 2 ke Unsil. Tiap hari pelaksanaan dengan dua sesi tes berpeserta lebih 900 orang. Adapun keseluruhan pendaftar ke Unsil sejak awal jalur SNBP mencapai 34 ribuan orang.

Dari angka pendaftar itu, quota PMB Unsil tahun 2023 sekitar 4.300 orang. Quota ini kemudian terbagi dalam penerimaan tiga jalur seleksi yakni, jalur SNBP 20%, SNBT 50% dan jalur seleksi mandiri (SM) 30%. gus

 

0 Komentar