Akpar Siliwangi Tasikmalaya Siapkan Lulusan Kompeten

 

Beberapa mahasiswa di satu ruang kelas kuliah, bersiap mengikuti penyampaian materi pembelajaran di gedung kampus mereka, Jl.Peta Kota Tasikmalaya.

Musim penerimaan mahasiswa baru (PMB) tengah berlangsung. PMB tahun akademik 2022/2023. Para calon mahasiswa tengah mengikuti proses mendaftar atau seleksi jurusan yang jadi pilihannya.

Bagi Anda yang masih baca-baca kampus dan prospek kelaknya, atau yang akhirnya harus reset pilihan lantaran hempas seleksi, boleh jadi pilihan masuk pendidikan vokasi, dan Akademi Pariwisata (Akpar) Siliwangi Tasikmalaya, di antaranya.

Dalam naungan Yayasan Universitas Siliwangi (YUS), kampus ini beralamat di Jl Peta Kota Tasikmalaya. Aktivitas akademik berlangsung dari gedung refresentatif, dikawal para dosen berpengalaman.

Berpuluh tahun sudah Akpar Siliwangi hadir. Mengantarkan lulusan kompeten bidang kepariwisataan, diploma tiga (D3) Perhotelan. Adalah catatan kampusnya, lulusan Akpar Siliwangi terserap di beberapa institusi hingga ragam dunia industri.

“Kita mencatat laporan para lulusan terserap di berbagai kesempatan berkarier, mulai institusi pemerintah sebagai ASN, perbankan, rumah sakit, kapal pesiar. Selain tak sedikit dengan kompetensi dimiliki mereka buka wirausaha berupa restoran dan kafe-kafe,” ungkap Direktur Akpar Siliwangi, Hj Tuti Iriani, belum lama ini.

Uji kompetensi di Akpar Siliwangi periodik. Sekarang sudah di level 5. Menyetandarisasi kemampuan ketenagakerjaan, merujuk standar Kurikulum Ketenjakerjaan Nasional Indonesia (KKNI), hingga standarisasi Kompetensi Ketenagakerjaan Asean.

Adalah konsep tempa akademik di Akpar Siliwangi, di tahun pertama, mendorong mahasiswa mampu menjadi penatalaksana di hotel dan restoran. Pada tahun kedua, mahasiswa diarahkan menjadi seorang supervisor/penyelia hotel dan restoran.

Memasuki tahun ketiga, mahasiswa mampu mandiri dan diharapkan menjadi wirausahawan bidang pariwisata.

Mengikat kegiatan praktik mahasiswa akpar ini, bekerja sama dengan sejumlah korporasi hingga ke luar negeri yang cukup banyak di akhirnya itu jadi tempat berkarier mahasiswa setelah lulus.

Kampus ini membuka masa PMB tahun 2022, setelah dimulai Maret lalu, dan akan ditutup September mendatang, dengan kuota penerimaa sekitar 100 orang. gus
 

0 Komentar