Ribuan Dosis Vaksin Covid-19 Tiba bagi Warga Kota Tasik

 

Menggunakan satu mobil boks khusus, kedatangan vaksin Covid-19 langsung ditempatkan di satu ruang farmasi Dinkes Kota Tasikmalaya

Alokasi vaksin untuk cegah penyebaran Covid-19, bagi Kota Tasikmalaya, tiba Rabu (27/1) siang. Jelang kedatangan, tampak persiapan penerimaan vaksin di sekitar Dinas Kesehatan, Kompleks Perkantoran Jl Djuanda, Kota Tasikmalaya. Tak luput pengamanan lokasi dari aparat keamanan, sejak pagi hari.

Informasi kedatanan virus yang dikabarkan pukul 09.00 WIB, akhirnya muncul sekira pukul 11.00 di titik penerimaan kantor Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, dengan pengawalan unit-unit mobil petugas. Sekda didampingi kapolres, dandim, kadis kesehatan kemudian secara simbolik menerima pengiriman vaksin yang didistribusikan pemprov Jabar.

Pengiriman vaksin Covid-19 jatah Kota Tasikmalaya, lebih 7.000 ribu dosis, dalam rangakian distribusi di wilayah Jabar, tahap I termin 2. Kedatangannya menggunakan unit mobil boks khusus, melibatkan petugas khusus. Diturunkan berpindah dari mobil pembawanya, langsung dimasukan ke satu ruangan di gudang farmasi Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya.

Informasinya lagi, ribuan vaksin itu dibawa dari Bandung, sebelum ke Kota Tasikmalaya,  mengantarkannya serupa di wilayah Kabupaten Garut dan Kabupaten Tasik. Sekda Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan, didampingi dandim dan kapolres, saat memberi keterangan pers, mengaku menyambut kedatangan distribusi vaksin ini.

“Alhamdulillah, vaksin cegah covid sudah tiba," sebut sekda di sela acara seusai sesi seremoni penerimaan vaksin sembari melanjutkan, ini di awal jumlahnya untuk lebih 3.000 orang para tenaga kesehatan (nakes) dan 10 untuk unsur Forkopimda. Alokasi vaksinasi dalam dua kali, totalnya 7.400 vaksin. Jumlah itu bertambah dari sebelumnya beralokasi 4.020 dosis.

Dalam satu obrolan dengan Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes), Asep Hendra Hendriana, alokasi Kota Tasik ini telah bertambah. Semula jatahnya sekitar 5.000 dosis. Lalu, turun menjadi 4.020 dosis. Dan, persisnya sekarang ada penambahan sekitar 3.400 dosis.

Asep menambahkan, sejak jauh-jauh hari pihaknya sudah menyiapkan gudang farmasi untuk penyimpanan vaksin covid-19. "Kami sudah siapkan jauh-jauh hari lemari pendingin dan pecatat suhu untuk penyimpanan vaksin. Mudah-mudahan kegiatan vaksinasi ini di Kota Tasik, berjalan lancar, demi penanganan pandemi Covid-19,” Imbuhnya. red