Yayasan Daarul Ihsan Evakuasi 9 Penyandang ODGJ di Cipatujah

H Maman Suparman

Merealisasikan tekad kepedulian kemanusiaannya. Yayasan Daarul Ihsan memberikan binaan dan fasilitasi terapi warga yang mengalami gangguan jiwa, atau dalam bahasa lainnya ODGJ (orang dengan gangguan jiwa).

Di satu kegiatan evakuasi terhadap ODGJ, Senin (28/12), di wilayah Kec.Cipatujah, Kab.Tasikmalaya, mencapai sembilan orang. Dalam kondisi umumnya dikurung dalam ruang sempit.  

Pimpinan Yayasan Daarul Ihsan, H Maman Suparman, membenarkan, kegiatan evakuasi setelah mendapat laporan itu. "Awalnya kami mendapat informasi hanya seorang penyandang ODGJ yakni Yadi. Tapi setelah tiba di lokasi ternyata ada sembilan orang," jelasnya.

Kesembilan ODGJ tersebut antara lain berasal dari tiga desa yakni, Desa Cipatujah, Desa Tobongjaya dan Desa Padawaras. "Sebanyak tujuh di antaranya sudah dibawa ke yayasan. Sedangkan dua lagi hari ini. Sewaktu pengambilan pertama, mobilnya hanya muat tujuh orang," ujar Maman pada hari Senin itu.

Masih kata Maman, kesembilan ODGJ ini akan mejalani perawatan awal di yayasan. Kemudian selebihnya dibawa ke RSJ Cisarua, Bandung, untuk perawatan lebih intensif.

"Jika di RSJ sudah selesai, akan dikembalikan ke yayasan untuk menjalani proses terakhir yakni pemulihan," ujar Maman.

Sekilas dengan tempat kurung mereka dengan maksud sebagian agar tak keluar sampai mengganggu warga lain, rata-rata dikurung dalam ruang sempit. Ada yang berdinding tembok, ada pula yang berdinding kayu.

"Mereka dikurung karena dikhawatirkan mengganggu kenyamaman warga. Sekarang kami bawa semua untuk mendapat perawatan yang layak," tambah Maman. red