Sketsa Politik Ajang Pilbup Pangandaran 2020



Sketsa politik diajang  Pilbup Pangandaran 2020 terlihat berubah rubah. Kegaduhan diantara partai pengusung balon terus terjadi.

Halnya Partai Golkar. Sejak "ditolak cinta" oleh PDIP, Partai berlambang pohon beringin ini bergerak cepat untuk membangun kekuatan baru. Golkar membangun kekuatan baru bersama PKB.

Sebelumnya dikabarkan Partai Golkar telah menjalin kebersamaan dengan PDIP untuk mengusung pasangan petahana Jeje Wiradinata dengan Adang Hadari.

Jeje yang kini menjabat sebagai Bupati Pangandaran adalah kader PDIP, sementara Adang yang saat ini menjabat wakil bupati merupakan kader dari Partai Golkar.

Akibat kedua paratai pengusung petahana ini bersebrangan terjadilah perpecahan, PDIP  lebih memilih  memasangkan Jeje dengan calon lain.

Inilah yang membuat Golkar merubah sikap. Ia menjalin komunikasi dengan PKB. Dua partai ini bahkan sepakat membangun koalisi yang diberi nama Pangandaran Bangkit Bersatu.


"Golkar keur bogoh-bogoh na diputuskeun (sedang sayang-sayangnya diputusin). Tapi kami tidak berkecil hati. Masih ada PKB yang memiliki visi yang sama," kata Ketua DPD Golkar Pangandaran Taufik Martin di Hotel Sandaan Pangandaran, Rabu (11/3/2020) seperti yang dikutip detik.com

Mengenai pasangan yang akan diusung, ia belum bisa memastikannya. Namun sejauh ini sosok Adang Hadari yang kemungkinan diusung sebagai calon bupati.

Ketua DPC PKB Pangandaran, Jalaludin menambahkan sejauh ini sudah ada 5 nama yang akan dipasangkan sebagai bakal calon Wakil Bupati untuk Adang Hadari.

 "Ini bisa dibilang koalisi ideal, koalisi nasionalis dan agamis," katanya.

"Setelah pengukuhan koalisi ini, kami intensifkan komunikasi dengan Parpol lain, sehingga dalam waktu dekat bisa diketahui koalisi ini akan mengusung pasangan calon yang mana," kata Jalal.

Sementara itu saat acara pengukuhan koalisi Golkar dan PKB ini berlangsung, Ketua DPC Gerindra Pangandaran Idi Sukardi datang ke lokasi acara. Dia disambut riuh hadirin. Idi juga membubuhkan tandatangan sebagai simbol dukungan kepada koalisi ini.

"Kami memang belum mendapatkan rekomendasi dari DPP, tapi aspirasi yang berkembang di kalangan pengurus dan akar rumput Gerindra Pangandaran, mengisyaratkan untuk mendukung Adang Hadari menjadi calon Bupati," kata Idi.* sit