MUI Ciamis Buka Suara Soal Penemuam Mahkluk yang Disebut 'Tuyul'



Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ciamis buka suara soal penemuam mahkluk yang disebut  'tuyul'  dan bermuka seram dalam botol kecil serta ditemukan Ibnu Kasir alias Mbah Gondrong.

Kabar sosok misterius itu bikin geger seantero Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.  MUI Ciamis memerintahkan agar  'tuyul' itu dimusnahkan. Ini diharapkan agar tak menyesatkan publik

"Benda yang katanya ada yang menyebut tuyul atau benda mistis, sebaiknya dimusnahkan. Dibakar atau dibuang ke air. Terpenting yakin ingin memusnahkan, jangan lupa berdoa," ujar Pjs Ketua MUI Ciamis Saeful Ujun saat dihubungi detikcom, Rabu (4/3). seperti yang dikutip news.detik.com.

MUI Ciamis mengingatkan warga tidak mempercayai hal-hal mengarah perilaku musyrik yang dilarang agama Islam.

"Kalau dikhodamkan atau digunakan manusia itu haram. Percaya dengan kekuatan benda itu adalah musyrik. Memeliharanya pun haram," tutur Saeful.

Jadi, tegasnya dimusnahkan dengan botolnya sekalian, jangan takut.

Menurut berbagai sumber, anak ambar atau disebut juga bayi ambar merupakan roh anak yang keguguran dalam kandungan. Sehingga tidak sempat lahir ke dunia. Dipercaya  memiliki kekuatan untuk kesuksesan, penglaris, pemikat dan lainnya.* sit