Jembatan Cikawungading Terancam Putus



Diduga akibat terus dilintasi kendaraan berat bermuatan pasir cor yang over tonase, jembatan Cikawungading, Kec. Cipatujah, kab. Tasikmalaya terancam terputus akibat kerusakan pada bagian lantai dan kontruksinya.

Getaran saat kendaraan besar yang bermuatan berat melintasi di atasnya, mengakibatkan terjadinya lubang sampai terkelupasnya aspal, bahkan kontruksi jembatan tidak stabil.

Kondisi jembatan Cikawungading yang berada di jalur Provinsi Jabar, Cipatujah-Cikalong itu langsung direspon Pemdes dan Muspika Cipatujah, yang langsung berkoordinasi dengan Dinas terkait, hingga beberapa waktu lalu dilakukan penutupan lubang menggunakan plat baja dan pohon kelapa agar jembatan ini bisa terus dilewati.

Deden,  warga Desa Cikawungading, Kec. Cipatujah menjelaskan, retak dan berlubangnya lantai jembatan diyakini diakibatkan getaran dari ratusan kendaraan besar yang membawa pasir cor melebihi batas aturan muatan yang ditentukan (over tonase) melintas di atasnya.

Setelah beberapa pekan lamanya dilakukan pembatasan kendaraan yang melintas dengan penjagaan dari warga sekitar, kini jembatan Cikawungading dapat kembali dilewati setelah adanya penanganan  sementara dari Dinas PU dengan memasang plat baja.

"Kami berharap kendaraan bermuatan over tonase tak lagi diijinkan melintas jembatan itu, karena akan berakibat fatal terputusnya jembatan tersebut," tegas Deden.


Camat Cipatujah, Darya SIp ditemui Rabu (11/3/2020) menegaskan, pihaknya berharap Dinas PU Provinsi Jabar maupun Kab. Tasikmalaya serta dinas perhubungan untuk melakukan evaluasi terhadap jenis kendaraan yang dijinkan melintas, karena kondisi jembatan sudah tak stabil lagi.

Menurut Darya, kalau kendaraan berat bermuatan sangat berat diperbolehkan melintas, dikuatirkan jembatan tersebut akan terputus, sehingga masyarakat yang akan dirugikan, karena Jembatan Cikawungading ini adalah satu dari beberapa jembatan yang berada di jalan provinsi Cipatujah-Cijakalong-Pangandaran dan penghubung ke sejumlah daerah lainnya.

"Kalau jembatan ini terputus, dipastikan akan mengganggu  aktifitas transportasi terutama kendaraan wisatawan yang menuju arah Pangandaran dan sebaliknya," tegasnya. ful