Jalan Ruas Cijalu Terancam Putus




Jalan provinsi pada ruas Cijalu Desa Tobongjaya, Kec. Cipatujah, Kab. Tasikmalaya terancam terputus, akibat amblas sejak 2 bulan silam.  Saat ini, kondisi jalan amblas yang letaknya tak jauh dari jembatan Cijalu itu semakin dikhawatirkan, karena selain melebarnya  jalan yang amblas, retakan jalan juga terjadi pada sepanjang jalan tersebut, yang diduga disebabkan getaran kendaraan besar dengan muatan berat yang melawati jalan itu.

Terus menyempitnya badan jalan dan retakan  yang terjadi, warga sekitarnya berinisiatif membuat pembatas jalan menggunkan tali plastik, yang dipasang membentang ditengah jalan, selain itu mereka juga membantu mengatur arus lalu lintas kendaraan yang hanya bisa dilalui satu jalur saja selama 24 jam penuh.

Dadan, warga setempat menjelaskan, amblasnya jalan di titik Cijalu terus melebar, akibat tanah pada sisi jalan tersebut terus tergerus disebabkan hujan, sehingga membuat badan jalan terus menyusut. Selain itu, terjadinya retakan tepat di tengah jalan yang memanjang memunculkan ancaman terputusnya jalan itu. Apalagi sejak beberapa bulan ini jalan itu dilewati puluhan truck besar bermuatan pasir cor asal daerah pantai selatan Tasikmalaya menuju arah kota Tasikmalaya, sehingga getaran dari kendaraan tersebut kian menambah retakan pada jalan tersebut.

"Selain secepatnya melakukan penanganan pada jalan ini, kami juga berharap ada tindakan tegas terkait kendaraan besar bermuatan melebihi batas minimal muatan sesuai ketentuan yang diperbolehkan melewati jalan ini," tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Wawan, menurutnya Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemkab Tasikmalaya harus segera bertindak cepat, guna penanganan pada jalan Cijalu tersebut. Kalau tak segera dilakukan perbaikan dikhawatirkan jalan tersebut akan terputus karena badan jalan tergerus.
"Harus dibangun benteng atau tembok penahan tanah yang kokoh, agar mencegah amblas jalan tersebut tidak terulang karena terdapat jurang yang cukup dalam  pada sisi jalan, " harapnya. ful