Para Kades Ikuti Pencerahan Kamtibmas dan Pengelolaan Keuangan

Jajaran kades asal Kec.Bantarkalong, Culamega, dan Kec.Bojongasih, mengikuti pembinaan kamtibmas  dari jajaran kepolisian, dan TNI, yang dilaksanakan di Mapolsek Bantarkalong, Sabtu (4/8).

Para kepala desa (kades) Kec.Bantarkalong, Culamega, dan Kec.Bojongasih, mengikuti pembinaan kamtibmas (binkamtibmas) dari jajaran kepolisian dan TNI, yang dilaksanakan di Mapolsek Bantarkalong, Sabtu (4/8). Keseluruhannya yang jadi peserta itu 19 kades.

Hadir dalam acara itu ketiga camat yakni, Camat Bantarkalong H Muhtar Hoeruman, Camat Bojongasih H Abun Ruskendar, dan Camat Culamega Kasminto Harjo, Danramil 1217/Bantarkalong, Kapten (inf) Sarijo, Kapolsek Bantarkalong, AKP Jonnaidi.

Selain terkait pemantapan tentang kamtibmas, bahasan lainnya seputar cegah radilakisme hingga penguatan NKRI dalam kehidupan masyarakat. Kemudian, kaitan dengan kinerja pengelolaan dan pemanfaatan bantuan program pemerintah yang diterima pemdes, agar para kades dan pelaksana program terhindar dari jerat hukum.

Mengemuka, penegasan tentang peranan kepala desa sangat penting menjadi benteng terciptanya kondusivitas kamtibmas, benteng dalam pencegahan paham radikalisme serta upaya-upaya memecah belah, yang dapat mengancam keutuhan NKRI.

Seperti diungkapkan AKP Jonnaidi, para kades punya peran penting jadi leader lembaga desa, bersama pemuka agama, tokoh masyarakat, dan unsur terkait di desa, untuk mendorong iklim aman, tertib, hingga menjaga tak masuknya aktivitas yang berpotensi jadi aksi radikalisme, pengganggu kerukunan dan keutuhan bangsa.

Kapolsek mengajak menguatkan komunikasi masyarakat dengan aparat Babinsa/Bhabinmas di masing-masing desa. Menyoal penerapan kegiatan berbasis anggaran pemerintah, disarankannya senantiasa mengedepakan komunikasi, profesionalisme, transparansi, serta melaksanakan seluruh alokasi kucuran dana sesuai aturan dan ketentuan. Begitu pun diingatkan soal pengelolaan keuangan yang bisa jadi sasaran penjahat, malah pihaknya siap memenuhi pengawalan saat diminta.

Kesiapan berkoordinasi dalam menciptakan kondisi aman tertib dan harmonis dalam upaya mengokohkan keutuhan NKRI juga disampaikan Danramil 1217/Bantarkalong, Kapten (inf) Sarijo. Aparat TNI menurutnya, siap membantu jajaran kepolisian dari Polsek Bantarkalong untuk tetap menjaga kondusivitas kamtibmas dan membantu saat dibutuhkan pemdes.

Oleh: M. Syaeful