Ratusan Siswa SMP dan SMA Islam Nagrak Ikuti Permata

Kegiatan permata SMP Islam Nagrak.

Bertempat di bumi perkemahan Cibeureum Desa Simpang, Bantarkalong, ratusan siswa SMP dan SMA Islam Nagrak Bojongasih mengikuti perkemahan masa tamu (Permata), Jum'at (16/12) pekan kemarin.

Selain pemberian materi tentang kepramukaan, kegiatan Permata itu, juga dijadikan sarana penguatan mental keagamaan hingga kemandirian serta kerja sama bagi seluruh siswa pesertanya.

Dalam perkemahan  Permata itu, 120 peserta tersebut wajib mengikuti berbagai kegiatan kepramukaan, yang di laksanakan di lokasi perkemahan. Mereka juga diwajibkan menjalani dan mengikuti pendalaman ilmu agama secara  langsung di alam. Pendalaman itu merupakan dasar pendidikan di pondok pesantren Nagrak, yang berlokasi di Kp. Nagrak, Desa Girijaya, Bojongasih, Tasik selatan. "Pemahaman  kepramukaan sengaja kita kolaborasikan dengan peningkatan ilmu keagamaan, dengan belajar langsung di alam melalui ajang Permata ini," ujar Apip SAg, guru Pembimbing kepramukaan.

Menurut kepala SMP Islam Nagrak, H Suherman MPd, saat mendampingi para siswanya menyampaikan, agar para siswa mampu memperdalam filosofi keagamaan, yang ada dalam ilmu kepramukaan. Seperti penguatan silahturahmi, kerja sama dalam kebajikan, hingga menjaga kelestarian alam. Kemudian berlaku  hidup sederhana dan kemandirian para siswa dalam kehidupan di sekolah maupun pondok pesantren. "Mendidik siswa secara langsung di alam merupakan salah satu metode pengajaran yang kita tetapkan," pungkasnya

Oleh: M. Syaeful