Hj Nurhayati Ajak Terus Tekan Stunting di Garut dengan Perhatikan Kebersihan Lingkungan

Hj Nurhayati Effendy, Sabtu (20/1), melancarkan kampanye cegah stunting di Kab.Garut. Di hadapan warga yang hadir, ia mengingatkan perlunya jaga kebersihan untuk cegah stunting.
Tasikplus.com - Berkunjung ke Kabupaten Garut. Anggota Komisi IX DPR RI, Hj.Nurhayati Effendy, Sabtu (20/1), melancarkan Kampanye Percepatan Penurunan Stunting tingkat Kota/Kabupaten. Dilangsungkan di GOR AB Futsal, Desa Cibodas, Kecamatan Cikajang.


Mengawali paparan bahas stunting, anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, menyampaikan apresiasi terhadap pemerintah daerah atau Kab.Garut, yang dinilainya cukup signifikan teru
s menurunkan angka stunting.

 

"Kita targetkan di angka 14 persen yah. Meski sekarang masih diangka 20-an persen. Tapi itu sudah bagus turunnya, sudah signifikan dari awal 35 persenan," katanya.


Menurutnya, untuk menurunkan angka stunting perlu adanya dukungan dari semua pihak. Terutama dari pemerintah serta didukung oleh elemen masyarakat. "Tentu perlu adanya upaya-upaya, terutama dari masyarakat," sebutnya.

 

Salah satunya, sambung Nurhayati, dengan menjaga kebersihan lingkungan yang ada di wilayah masing-masing. Dengan kebersihan lingkungan tentu akan mendorong pola hidup sehat.

 

"Perlu diperhatikan keberhasilan lingkungan sekitar. bagaimana mendorong masyarakat untuk melakukan pola hidup sehat," jelasnya.

 

Pesan ia kemudian, bagi para orangtua terutama ibu hamil, menyusui, maupun yang sudah memiliki anak balita untuk memperhatikan asupan makanannya. Lagi hamil perbanyak protein hewani dan nabati seperti telur daging ayam ikan”, bebernya," katanya.

 

Adapun yang harus dikurangi, gula yang berlebihan termasuk susu yang dipacking. Bukan tidak boleh tapi dikurangi. Ia juga kerap mendapati anak-anak mengonsumsi makanan yang asal kenyang.

"Anak-anak dikasih cilok atau seblak sampai kenyang. Sekali-sekali boleh tetapi jangan ketika makan karena harus diberikan makanan yang bergizi," ucapnya. gus/rls


0 Komentar