Diikuti 1.745 Mahasiswa, Unper Kembali Gelar PBN VIII

Perwakilan peserta dan instruktur secara simbolik mendapat pengenaan topi dari Ketua YUS, Brigjen TNI (Purn) H Eko Irianto SIP, dalam upacara pembukaan PBN VIII Tahun 2024, Senin (29/1), di lapangan kampus Unper Tasikmalaya.
Tasikplus.com-Mahasiswa Universitas Perjuangan (Unper) Tasikmalaya, mengikuti kegiatan Pendidikan Bela Negara (PBN), yang kembali digelar kampusnya. Kali ini PBN VIII Tahun 2024. Dengan jumlah peserta 1.745 orang.

Sejak Unper hadir beberapa tahun, kampus ini menyelenggarakan PBN yang wajib diikuti tiap warga kampusnya. Setiap tahun gelar untuk para mahasiswa barunya.

Mengawali pembukaan PBN VIII, seperti biasa dengan satu upacara di area lapangan timur. Dihadiri segenap jajaran pimpinan kampus, yayasan penaung, serta undangan unsur pemerintah daerah dan stakeholders.

Ketua Yayasan Universitas Siliwangi (YUS), Brigjen TNI (Purn) H Eko Irianto SIP, dalam upacara menyampaikan, cakupan materi PBN berorientasi menanamkan jiwa juang pada mahasiswa, memberikan wawasan nilai kebangsaan, hingga cintai Tanah Air.

Melibatkan unsur instruktur asal TNI, Polri, BPBD, selain kalangan pimpinan yayasan dan dosen. Menurut Eko, generasi pendahulu khususnya generasi 1945 telah mewariskan nilai-nilai juang 45 seiring tekad memertahankan NKRI.

Nilai-nilai itu berisi semangat persatuan dan kesatuan, rela berkorban, bekerja tanpa pamrih dan cinta Tanah Air. Agar perjuangan serta nilai-nilai itu terwariskan berlanjut, dari generasi ke generasi, maka Unper melaksanakan PBN.

PBN Unper untuk menanamkan nilai-nilai juang itu. “Ini komitmen untuk membina para mahasiswa sesuai dengan jati diri bangsa yang punya kepribadian luhur, berjiwa juang tangguh, sesuai cita-cita para pendahulu kita”, ujarnya.

Pelaksanaan PBN VIII berlangsung sejak Senin (29/1) hingga Kamis (1/2). Penyampaian materi terdiri teori serta praktik yang dilangsungkan di sekitar kampus Unper, Jl Peta Kota Tasikmalaya. gus

0 Komentar