Wenny Haryanto Sampaikan Tips Cegah Stunting

Ratusan warga Bekasi menghadiri kegiatan Promosi KIE Program Percepatan Penurunan Stunting, anggota Komisi IX DPR RI Wenny Haryanto dan narasumber lain memberikan tip cara menghindari terkena risiko stunting.
Tasikplus.com - Untuk terhindar terkena stunting, anggota Komisi IX DPR RI Wenny Haryanto, berbagi rumus jitu. Hal itu itu ia sampaikan pada kegiatan Promosi KIE Program Percepatan Penurunan Stunting di Wilayah Khusus, di Pedurenan, Kelurahan Jatiluhur, Kec.Jatiasih, Kota Bekasi, Sabtu (14/10).

Turut hadir juga Ketua Tim Kerja Pengelolaan Pelayanan Keluarga Berencana Perwakilan BKKBN Jabar Adang Samsul Hadi, Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bekasi Ika Indah Yarti, dan Ketua Kadin Kota Bekasi Huda Sulistio.

“Anak yang menderita stunting ini lebih pendek dari anak normal seusianya. Tapi itu beda dengan kerdil yang disebabkan oleh kelainan genetik. Anak juga mengalami keterlambatan dalam berpikir,” ungkap Wenny di hadapan ratusan warga yang menghadiri acara.

Yang dikemukakan selanjutnya dengan rumus jitu tadi, antara lain tentang pentingnya ibu hamil mengonsumsi tablet penambah darah. Ibu hamil sangat memerlukan zat besi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sang bayi. Kemudian, ibu hamil memerlukan nutrisi lengkap.

Kebutuhan tersebut bisa dipenuhi dengan menerapkan pola konsumsi yang mengandung unsur Empat Sehat Lima Sempurna. Ketika bayi sudah lahir, berikanlah imunisasi dasar secara lengkap. Berikan ASI secara eksklusif bagi sang bayi selama enam bulan.

Di luar itu, penting bagi seluruh anggota keluarga membiasakan perilaku hidup sehat dan bersih. Di bagian akhir, Wenny mengingatkan para ibu terus memantau pertumbuhan anak. Rajin mengikuti kegiatan posyandu.

“Di sinilah anak akan ditimbang badannya, diukur tinggi badannya, dan diukur lingkar kepalanya. Hasil pengukuran ini akan menentukan tindak lanjut yang harus dilakukan untuk menjamin anak tumbuh sehat dan berkembang sesuai usianya.

“Jangan malas untuk memantau tumbuh kembang anak kita. Bawalah buah hati kita ke posyandu setiap bulan,” ajak wakil rakyat asal daerah pemilihan Kota Bekasi dan Kota Depok itu. red/rls
 

0 Komentar