HM Yusuf: Ya, Kalau Dibutuhkan, Insya Allah, Doakan saja

HM Yusuf
Tasikplus, 07 Oktober 2022                                                                                                           Tinggal menghitung hari, Wali Kota Tasikmalaya HM Yusuf, akan berakhir tugas. Di ujung masa jabatannya dalam periode 2018-2022. Persisnya ia akan purnabakti pada pertengahan November bulan depan.

Posisi wali kota Tasikmala akan diteruskan pejabat pelaksana tugas (Plt) wali kota hingga tibanya pelaksanaan Pemilu Serentak 2024. Kepemimpinan HM Yusuf yang semula wakil wali kota meneruskan Wali Kota H Budi Budiman yang tersandung persoalan hukum.

Ada yang menggelitik dari perbincangan dengan HM Yusuf, di usai kehadiran ia pada kegiatan peresmian proyek atau kegiatan-kegiatan di wilayah Kec.Cipedes dan Kec.Purbaratu, pekan awal Oktober lalu.

Kalau biasanya seorang kepala daerah yang siap berakhir tugas, cukup mengemuka menyampaikan permohonan maaf pada masyarakatnya atas segala kekurangan. Saat itu ia paparkan, sudah cukup berusaha menjalankan apa-apa yang menjadi garapan RPJMD-nya.

Namun pada kenyataan masih terdapat banyak kebutuhan pembangunan yang itu mesti jadi lanjutan pembangunannya. Yang jadi argumennya, APBD Kota Tasik masih sangat terbatas merespon usulan-usulan pembangunan.

“Masih banyak PR (pekerjaan rumah) yang perlu dituntaskan. Termasuk halnya saya akan berakhir tugas pada 14 November 2022, sementara garapan pekerjaan tertentu masih berlangsung bisa sampai bulan Desember 2022,” akunya.

Garapan yang masih jadi obsesi Yusuf termasuk dengan penataan Jl.HZ Mustofa dan Jl.Cihideung, berupa pedestrian, yang impiannya bisa berlanjut hingga betulan Nagarawangi. Selain itu, program WUB (wirausaha baru), merekrut pembinaan 5.000 wirausahawan muda yang ia rasa belum maksimal.

Lantas di soal pengentasan angka kemiskinan. “Angka kemiskinan warga ini ketika kami mulai, menarget turunkan 1% per tahun. Di tahun pertama dengan upaya-upaya ternyata kita bisa turun 2% kala itu, saya sangat gembira, karena kita harap di akhir sekarang ini rata-ratanya di 9%. Tapi kan ada covid. Jadi ini jumlahnya naik lagi malah 3%,” paparnya.

Menguraikan masih adanya garapan PR saat memberi sambutan di panggung. Disebutkannya pula beberapa pekerjaan masih perlu diteruskan. Ketika dikelakari pertanyaan Tasikplus di usai acara, seperti ada harapan maju lagi di Pemilu 2024? Jawabnya, “Ya, kalau ada permintaan masyarakat, dibutuhkan, insya Allah. Doakan saja”.red
 

0 Komentar