Tanam Pohon Kopi Semarakkan Hari Air Dunia Ke-30

 


Menyemarakkan peringatan Hari Air Dunia Ke-30 Tahun 2022, perangkat UPTD Wilayah Sungai (WS) Ciwulan-Cilaki Dinas SDA Jabar, melancarkan kegiatan bersih-bersih bantaran sungai dan penanaman 1.000 batang pohon kopi.

Sejak unsur pimpinan dan staf, turun ke lokasi pada kegiatan perayaan itu, Kamis (10/2). Dikonsentrasikan di bantaran Irigasi Ciramajaya. Kegiatan mereka seperti mengawali ajang peringatan lebih besar tingkat provinsi yang dipusatkan di area Situ Gede Kota Tasikmalaya.

Keterangan Ir Heri Prajitno, kepala SUP Cikaengan-Ciwulan UPTD WS Cwulan-Cilaki, kegiatan tersebut untuk turut mewarnai peringatan Hari Air Dunia tingkat UPTDnya. Menggerakkan bersih-bersih sungai, dan penanaman 1.000 batang pohon kopi.

Batang-batang benih kopi disumbangkan Heri. “Kenapa pilihannya ke kopi? Ini pohon berakar tunggal dan di atasnya berakar serabut. Cocok untuk kebutuhan konservasi tanah. Ia dapat menyerap air dan menahan longsor,” ujarnya.

Yang ditambahkan Heri lagi, pilihan ke kopi merespons kampanye penanaman kopi yang banyak digaungkan gubernur. Prospek nilai ekonominya bagus. Malah pemprov Jabar tengah memacu produk kopi asal Jabar ini ekspor.

Lokasi Irigasi Ciramajaya berada di Desa/Kec.Mangunreja, kab.Tasikmalaya. Menghadiri kegiatan aparat UPTD ini, hadir camat dan jajaran muspika Mangunreja, kepala desa, pengurus P3A Mitra Cai, dll. red


 

0 Komentar