Distribusi Air ke Pelanggan Perumda Air Minum Tirta Sukapura Sudah Kembali Normal


Tasikplus.com-Distribusi air bersih Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Sukapura, Kab.Tasikmalaya, Jabar, saat ini sudah kembali normal. Ketersendatan bahkan terputusnya saluran air ke pelanggan sempat terjadi. Dialami mereka dalam jumlah puluhan ribu orang.


“Sekarang ini sudah bisa dikata normal lagi saluran air ke pelanggan, setelah perbaikan empat pipa transmisi utama yang terputus, di Kp Citerewes, Kec.Sariwangi”, jelas Kepala Sub Bagian Informasi dan Pelayanan Pelanggan Perumda Air Minum Tirta Sukapura, Iri Sopiyan, Rabu (5/6).

Iri menjawab Tasikplus.com yang mengonfirmasi kondisi distribusi air saat ini menyusul terputusnya pipa utama distribusi yang tergusur longsor di bebukitan Kec.Sariwangi, Jumat (24/5) malam. Dampak terputusnya itu sekitar 40 ribu pelanggan layanan air perusahaan ini terhenti.

Penanganan saat kejadian terputusnya pipa utama yang membuat terstopnya kiriman air ke pelanggan, selama empat hari. Selepas itu penanganan teknis masih terus berjalan bahkan hingga sekarang, dalam kemungkinan saluran pipa yang masih termasuki udara.

“Jadi, kalau ada pelanggan yang mengaku airnya masih terhambat, mungkin efek dari kandungan udara itu di pipa air. Kita masih terus buang udara masuk ini melalui kran-kran yang ada. Namun jika melihat pengaduan sumbatan di unit layanan pengaduan sudah tak ada pada saat ini”, lanjutnya.

Yang masih dijelaskan Iri Sopyan, kemungkinan gangguan kelancaran distribusi air bagi para pelanggan ini yang berada di wilayah perkotaan, lantaran saluran pipa merata dalam kondisi semua terkoneksi, selain itu lingkungan berelevasi tinggi.

Ketersendatan ini terutama saat memasuki jam-jam puncak penggunaan seperti pagi hari. Baru saat malam hari air kembali lancar. Upaya normalisasi ini bisa dikata terus dijalankan sebab sudah menjadi garapan tim teknisnya.

Tergusurnya empat pipa transmisi utama menyusul hujan deras kala itu sebelumnya, membuat terhenti distribusi air bersih dialami 60% dari jumlah pelanggan Permuda Tirta Sukapura yang mencapai 49 ribu orang. 

Pelanggan yang sempat terdampak berada di wilayah Cabang Singaparna, Cabang Mangunreja, Cabang Sariwangi, Cabang Tasikmalaya Barat, Cabang Tasikmalaya Timur, Cabang Kawalu, Cabang Cibeureum, Cabang Tamansari, Cabang Manonjaya. gus




 

0 Komentar