Aktivitas PIKR SMART Desa Dayeuhluhur Keren, Masuk 3 Nominator Percontohan Nasional

Pengurus dan anggota PIKR SMART unjuk kebolehan, memberi sambutan, pada kedatangan Tim Verifikasi Genre Award 2024 Selasa (4/6), di Aula Ardi Baya Desa Dayeuhluhur.
 Tasikplus.com-Mengejutkan tim verifikator. Membanggakan warga daerahnya. Aktivitas Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIKR) Desa Dayeuhluhur, Kec. Jatinagara, Kab. Ciamis yakni, PIKR SMART, mengukir prestasi.

Hasil Rechecking Tim Verifikator Direktorat Bina Ketahanan Remaja (Dithanrem) BKKBN RI, menetapkan PIKR SMART Desa Dayeuhluhur, berhasil masuk 3 nominator PIKR Percontohan Nasional pada ajang Genre Award Tahun 2024.

Berkenaan capaian tersebut, kata Bupati Ciamis H Engkus Sutisna, hal ini menjadi sesuatu yang patut dibanggakan masyarakat Jawa Barat, khususnya warga Kab.Ciamis.

"Saya menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas terpilihnya PIK-Remaja SMART Dayeuhluhur, masuk nominasi 3 besar PIKR Percontohan tingkat nasional", ujar bupati saat menyambut rombongan tim verifikator Dithanrem BKKBN, Selasa (4/6), di Aula Ardi Baya Desa Dayeuhluhur,

Engkus kemudian mengingatkan semua yang hadir bahwa PIK Remaja ini menjadi salah satu kegiatan yang berperan penting dalam mendukung percepatan penurunan stunting, khususnya di Kabupaten Ciamis.

Keyakinannya, semua remaja yang tergabung dalam PIK-R akan mendapatkan peningkatan pengetahuan tentang edukasi gizi, pencegahan anemia yang akan sangat bermanfaat mencegah kelahiran bayi stunting, kelak ketika mereka menikah.

Pernyataan Ketua Tim Verifikator Dithanrem BKKBN, pihaknya dibuat terkejut setelah tahu PIKR SMART ini berbasis masyarakat. Selanjutnya bisa masuk nominasi 3 besar dan bersaing dengan 21.100 Poktan PIKR yang ada di seluruh Indonesia. Sekaligus menjadi yang terbaik dari 3.300 PIKR yang ada di Jawa Barat.

"PIKR SMART ini keren banget. Kita lihat kolaborasi di antara para mitranya sudah klop antara dokumen yang dikirimkan ke kami, dengan bukti dan testimoninya di lapangan", ucapnya. 

Penilaian lainnya, PIK-R ini sudah bisa mengimplementasikan dua modul yaitu, modul Tentang Kita dan Modul Upgrade Tentang Kita. Implementasi yang tidak sebatas di kalangan pengurus intinya, tapi sampai dengan Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya (PSKS)-nya. gus/rls
 

0 Komentar