Unper Buka Kejuaraan Nasional Pencak Silat


Berlangsung tiga hari hingga pengujung pekan kemarin. Univeristas Perjuangan (Unper) Tasikmalaya, membuka Kejuaran Nasional Pencak Silat Unper Cup II-2019. Diikuti ratusan peserta, kejuaraan menempati gedung serba guna “Siliwangi Futsal”, di Jl BKR Kota Tasikmalaya.
Menandai even itu, sebelumnya dibuka Rektor Unper Prof Yus Darusman, Jumat (30/8) pagi. Hadir dalam pembukaan, perwakilan Muspida Kota Tasikmalaya, pengurus KONI, IPSI, unsur pimpinan kampus hingga pengurus ormawa dan UKM Unper.
Dalam laporan panitia penyelenggara dan ketua umum kejuaraan disebutkan jumlah peserta asal berbagai daerah/kota itu, 556 orang dalam 79 kontingen, terdiri kelas pemasalan dan prestasi. Kalangan pesertanya jenjang pelajar SD, SMP, SMA/sederajat hingga mahasiswa.
Ajang kejuaraan ini merupakan lanjutan dari penyelenggaraan di tahun lalu dalam wilayah kejuaraan Jawa Barat. “Selamat datang di kejuaraan. Senang bisa bertemu. Mari junjung sportivitas. Semoga dapat menggali prestasi dan menjadi yang terbaik,” sambut ketua umum kejuaraan, Helmi.
Senada, pernyataan Prof Yus Darusman, mengajak yang hadir untuk senantiasa menjaga/melestarikan dan mengembangkan khasanah warisan budaya pendahulu. Dan, kejuaraan pencak silat ini menjadi bagian kepedulian kampusnya, memertahankan warisan budaya dari langkah dan peduli pada khasanah lainnya.
Selebihnya, rektor mengingatkan kalangan muda peserta dan tim official kontingen, untuk senantiasa punya upaya serta tekad, hingga akhirnya menjadi generasi penerus yang siap mental dan kuat fisik-psikis. “Dengan menjadi atlet silat atau pesilat, jadilah Anda jagoan yang jadi penjaga kelestarian budaya bangsa ini,” harapnya. gus