Wali Kota Buka Pameran Produk Kreatif





Wali Kota H Budi Budiman meresmikan pameran produk kreatif UMKM Kota Tasikmalaya, yang berlangsung Sabtu (13/10) bertempat di seputar jalur Jalan HZ Mustofa.

Sebanyak 23 stan Kota/Kab yang tergabung dalam Komisariat Wilayah III dan daerah tetangga, turut serta dalam pameran kreatif.

Ketua Panitia yang juga Kepala Dinas UMKM Perindag H M Firmansyah dalam sambutannya menyampaikan perlu diketahui, bahwa kota Tasik mempunyai industri kreati 3.596 unit usaha, dan mampu menyerap 397.400 orang.

Banyaknya industri kreatif, belum dapat membuat pemerintah tenang, pasalnya para pengusaha kreatif ini harus menghadapi masalah, terutama disoal promosi dan pemasaran. Berdasarkan peraturan yang ada, pemerintah berkewajiban memfasilitasi kegiatan promosi hasil UMKM.

Melalui kegiatan Tasikmalaya Oktober Festival (TOF), sebagai upaya untuk mensosialisasikan hasil ekonomi kreatif UMKM, guna menghadapi persaingan pasar bebas.

Kegiatan TOF berlangsung dari tanggal 13-16 Oktober, tempat dari mulai Tugu Adipura, Jl Hz Mustofa, sampai dengan Tugu Asmaul Husna, dengan jumlah stan sebanyak 240, 28 stan yang diisi oleh pemerintah Propinsi, Pemkot, Dekranasda dan Pemda lainnya.

51 stan produk UMKM unggulan, 69 stan Fashion, 60 stan binaan Bank Indonesia, 40 stan kuliner. Jumlah stan pada gelaran TOF tahun ini mengalami peningkatan dibanding sebelumnya, belum termasuk stan PKL yang kita tempatkan di Jl Empang, Jl Slakaso, Jl Sukawarni, dan beberapa lokasi lainnya.

Pemerintah Daerah yang turut serta pada gelaran TOF, diantaranya Kota Bogor, kota Bandung, Cimahi, Cirebon, Tegal, Bekasi, Salatiga, Depok, Tangeran Selatan, Banjar, Yogyakarta, Pekalongan, Surakarta, Kab Tasikmalaya, Kab Ciamis, Kab Bandung Barat, Majalengka, dan sejumlah daerah lainnya.

Wali Kota H Budi Budiman dalam sambutannya mengatakan menghadapi era global, diperlukan terobosan dan inovasi dalam menghadapi persaingan pasar bebas, situasi ini harus dijadikan peluang, untuk tampil lebih dinamis, semakin kreatif, sehingga yang ditampilkan menjadi magnet tersendiri, dan orang tidak ragu untuk membeli produk hasil UMKM kota Tasik. pid