Pemdes Sarimanggu desak Pemkab. Tasikmalaya segera perbaiki jembatan Cacaban

Kondisi Jembatan Cacaban

Usulan perbaikan jembatan Cacaban di desa Sarimanggu kec. Karangnunggal sejak beberapa tahun lalu di ajukan pemdes dan Warga desa Sarimanggu, usulan perbaikan ini berkenaan kondisi jembatan yang alami kerusakan parah sementara fungsinya cukup Vital sebagai penyambung akses Transportasi warga kec. Karangnunggal -Bojongasih dan sekitarnya.

Dari sejumlah informasi warga yang berhasil di dapat Tasikplus, pengajuan perbaikan/pembangunan jembatan baru guna mengganti jembatan besi yang beralaskan papan kayu yang telah rapuh telah sejak beberapa tahun di lakukan warga, usulan tersebut di tujukan langsung kepada Pemkab. Tasikmalaya hingga sejumlah Anggota legislatif namum tak berujung realisasi hingga saat ini.

Kades Sarimanggu kec. Karangnunggal Nanang Kosim menyebut pihaknya telah beberapa kali mengajukan perbaikan jembatan sepanjang 12 meter yang membentang di atas sungai Cacaban tersebut. Upaya pengusulan kami selalu dapatkan Janji akan di realisasi namun sampai saat ini tak kunjung di laksanakan.
"segala upaya telah kami lakukan namun tak kunjung berbuah hasil, sementara desakan dari warga agar jembatan ini di perbaiki selalu saya dapati setiap hari" jelasnya.
Sementara ketua BPD desa Sarimanggu Eli Romli SPd MMPd, menurutnya desakan perbaikan jembatan Cacaban ini yang terus di suarakan masyarakat sangat beralasan, karena jembatan tersebut menjadi akses transportasi umum yang di andalkan warga, untuk terus dapat di lewati, warga secara rutin berswadaya mengganti papan kayu begisting yang telah rapuh dengan papan kayu baru agar jembatan ini bisa di lalui kendaraan roda 2 maupun roda empat. Walaupun dengan ekstra hati-hati dan waspada agar kendaraan tak terperosok saat melewatinya. Untuk itu Eli Romli mendesak Pemkab. Tasikmalaya secepatnya membangun kembali jembatan cacaban agar transportasi warga aman dan nyaman.
"walaupun kerap diganti dengan papan kayu baru oleh warga, kontruksi pondasi dan besi pada jembatan telah tak stabil dan telah berkarat hingga dapat mengancam keselamatan pengendara kendaraan yang melawatinya" pungkasnya.

Oleh: MZ. Saeful