Bergelagat Tak Terelak, Pembangunan Gedung KCD XII Disdik Alami Keterlambatan

 

Masih dalam garapan intens pembangunan gedung KCD XII. namun gelagat mengalami keterlambatan usaia seperti tak terelak

Tasikplus, Jumat 30 September 2022                                                                              
Melongok pembangunan gedung Kantor Cabang Dinas (KCD) XII Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, dalam aktivitas intens pekerja memacu garapan. Memasuki akhir September 2022, sekilas pekerjaan terkonsentrasi pada bagian atas gedung, merampungkan pengecoran.

Namun gelagat over time atau mengalami keterlambatan progres seperti sempat diberitakan sebelumnya, itu tak terelak. Pihak rekanan pelaksana pembangunan pun mengangguki itu, meski pengakuannya intensitas pekerjaan cukup terus pacu.

Lokasi pembangunan gedung KCD XII di wilayah Kelurahan Karikil, Kec.Mangkubumi, Kota Tasikmalaya. Menempati lahan 1.000 m2. Berdasarkan info yang didapat, semestinya progres garapan hingga pengujung September ini di kisaran mencapai 51%.

“Kalau ditanya ada kemungkinan ini mengalami keterlambatan, iya. Tapi kita terus berusaha pacu ini,” jawab Pendi, General Superintendet (GS) CV Mandiri Jaya Abadi, kontraktor yang menggarap pembangunan KCD XII.

Bukan tanpa alasan pula, sambung Pendi, dengan progres garapan yang bisa mengalami keterlambatan. Sebenarnya, pihaknya di awal sudah dalam segala kesiapan untuk menggarap pembangunan gedung ini.

“Ternyata di luar dugaan, struktur tanah di lokasi ini bukan lagi tanah berbatu, melainkan lahan bebatuan bertanah,” ungkapnya. Cukup alot proses awal pembangunan dengan kondisi harus mengangkat batu-batu yang padat, dan kadang didapati hingga seukuran backhoe.

“Untuk memulai garapan pengerjaan awal pondasi saja, akhirnya tertahan hingga sekitar dua bulan. Ini cukup menyita waktu,” katanya.

Aspek lain pemicu keterlambatan yang diklaim Pendi, intensitas hujan yang kerap dan acap dengan lebatnya. Tak sampai di situ, ungkap Pendi, belakangan ini muncul juga komplain segelintir warga yang memersoalkan status tanah gedung KCD XII.

“Mereka melancarkan protes yang tak terelak mengganggu aktivitas para pekerja pada beberapa hari. Bahkan dengan aksi di lokasi, hingga menyebabkan kerusakan alat dan menimbulkan kerugian,” sebutnya.

Di perencanaannya awal, pengerjaan gedung KCD Pendidikan yang membawahi jenjang sekolah SMA/SMK/sederajat ini di wilayah Kota dan Kab.Tasikmalaya, akan rampung memasuki awal Desember 2022. Namun yang tertangkap dari pernyataan Pendi, ekspektasi itu cukup berat tercapai. gus
 

0 Komentar