Kebakaran di Gunungkanyere Terjadi Saat Lingkungan Pemukiman Sepi

Puing-puing sepeda motor di satu lokasi kebakaran di Gunungkanyere, pada pagi Kamis (24/8)
Tasikplus.com - Kebakaran menimpa rumah-rumah penduduk di saat situasi hening. Kejadian itu di betulan Gunungkanyere, Kelurahan Mulyasari, Kec.Tamansari, Kota Tasikmalaya, Jabar, Rabu (23/8) malam.


Suasana lingkungan pemukiman padat rumah itu sepi, tengah pada menghadiri acara tablig akbar rangkaian puncak perayaan HUT Kemerdekaan 2023, di lingkungan pemukiman lain seberang jalan.

Lingkungan satu kawasan itu terbelah jalan. Namun dari titik area kebakaran ke lokasi acara perayaan HUT Kemerdekaan dalam radius ratusan meter, dibuat terpisah oleh jalan yang ramai kendaraan.

Api yang tiba-tiba membumbung, sontak membuyarkan kumpulan warga. Berlarian menuju lokasi. “Kobaran api sudah membumbung, awalnya dari rumah milik Iyas, kemudian merembet ke rumah Maman dan Baban,” ujar Dodo, ketua RT setempat.

Kala itu sekitar pukul 21.00 WIB. Beberapa saat petugas pemadam kebakaran (damkar) dengan tiga unit mobil damkar tiba, lalu berupaya melakukan pemadaman. Hingga sekitar pukul 11.00 WIB, sambung Dodo, api mulai dapat diredakan.

Namun harus mendapati tiga rumah tinggal puing-puing termasuk bangunan masjid. Barang-barang di dalamnya tak terselamatkan. Tak kalah perhatian tertuju kepada bangunan rumah yang sekaligus bengkel cat milik Baban.

Ada 14 unit sepeda motor di tempat itu hangus. Kabarnya sang pemilik bengkel hingga keesokan Kamis siang masih syock. Dalam kejadian kebakaran, belasan unit motor itu di bengkelnya tengah dalam proses pengerjaan pengecatan/modif.

Sebagian sepeda motor produk/keluaran baru. Baban cukup dikenal ahli pengecatan motor. Pada pagi Kamis beberapa pemilik motor mendatangi lokasi kebakaran. Icep, seorang di antaranya mengaku pasrah dengan kejadian ini.

“Sehari sebelum kejadian saya sempat mampir ke bengkel. Beben menawarkan barangkali mau dibawa saja dulu motor saya. Namun saya pikir nanggung antre. Ternyata hari ini begini,” tuturnya kepada Tasikplus.

Belum ada perhitungan berapa kerugian pascakejadian. Belum ada keterangan dari pihak berwenang. Tak ada korban jiwa dalam kejadian. Pun dengan penyebab kebakaran belum ada penjelasan hasil penyelidikan.

Pada Kamis (24/8) pagi, sudah terbentang garis polisi untuk mengamankan lokasi. Di antara keluarga korban, ada pihak yang menempatkan di rumah kontrakan sekitar. Tampak juga di antara pengurus lingkungan menggalang sumbangan di lingkungannya untuk meringankan beban yang terkena musibah. st

 

0 Komentar