IKA UPI Salurkan Kembali Bantuan Beasiswa

Di antara mahasiswa penerima Beasiswa IKA UPI, mewakili penyerahan secara simbolik bantuan itu dalam acara yang digelar sederhana di Sekretariat IKA UPI, Jumat (28/7).
Tasikplus, 28 Juli 2023                                                                                                             Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Pendidikan Indonesia (IKA UPI), kembali menyalurkan dana beasiswa bagi mahasiswa UPI sasaran. Dalam kriteria berprestasi secara akademik maupun nonakademik.

Acara penyerahan berlangsung sederhana di Sekretariat IKA UPI, Kampus Bumi Siliwangi, Jalan Setiabudhi 227, Kota Bandung, Jumat (28/7). Kali ini penerima beasiswa 19 orang asal 16 prodi yang tersebar di kampus-kampus UPI (Cibiru, Sumedang, Tasikmalaya, Purwakarta, dan Serang)

Seperti terungkap sejak awal, sasaran penerima beasiswa ini bagi mereka yang berprestasi namun memiliki keterbatasan ekonomi. Penyerahan kali ini untuk semester ganjil tahun akademik 2023-2024.

Koordinator kegiatan penyerahan dan pembekalan Beasiswa IKA UPI, Sri Marliani, mengungkapkan, para penerima bantuan ini setelah melalui proses seleksi cukup ketat, dalam harap benar-benar memberikannya pada mereka yang berhak.

Alokasi bantuan untuk UKT I, II, dan III. Besarannya mulai Rp 500 ribu, Rp 1 juta, Rp 3,08 juta, hingga Rp 4,1 juta. Untuk khusus kelompok UKT III, bantuan hanya senilai setengah dari biaya yang dibutuhkan. Total dana yang disalurkan Rp 21.555.000,00 untuk seluruh kelompok UKT.

Wakil Ketua Umum IKA UPI Taufik Faturohman yang menyerahkan beasiswa mewakili ketua umum IKA UPI menjelaskan, pemberian beasiswa merupakan kepedulian alumni terhadap almamater. Berasal dari penggalangan yang dilakukan secara insidental maupun berkala setiap bulan dan setiap semester.

“Jumlah yang disalurkan disesuaikan dengan kebutuhan setiap semesternya. Semester ini kebetulan jumlah penerima maupun nominalnya lebih kecil dari semester lalu. Itu sebagaimana hasil seleksi Lembaga Beasiswa IKA UPI yang memang menunjukkan jumlah itu mahasiswa layak dibantu”, ujarnya.

Di tempat yang sama, Sekjen IKA UPI, Najip Hendra SP menjelaskan, Beasiswa UPI merupakan upanya terpadu dalam mendorong peningkatan kualitas SDM. Lebih dari sekadar pemberian bantuan biaya pendidikan, IKA UPI mendesain pola pembinaan dan pengembangan kapasitas para beswan.

Dengan begitu, perkembangan akademik maupun non-akademik akan turut menjadi perhatian Lembaga Beasiswa IKA UPI sebagai lembaga otonom dalam melakukan tata kelola Beasiswa IKA UPI. red/rls
 

0 Komentar