Rektor Unsil Harap Lulusan Tunjukkan Kontribusi Nyata

Rektor Unsil, menandai pelantikan terhadap wisudawan yang hadir di gedung Mandala

Kampus Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya, melantik lulusannya asal tahun akademik 2020/2021. Prosesi wisuda periode II tahun akademik 2020/2021 itu, dengan sidang terbuka Senat Unsil di gedung Mandala, Selasa (20/4).

Yang tampak lain dari biasanya, acara wisuda dihadiri segelintir saja. Tampak memang unsur pimpinan kampus dan perwakilan wisudawan. Selebihnya, lulusan mengikuti prosesi pelepasan secara virtual dari rumah masing-masing.

Yang hadir di gedung Mandala, mengikuti tahap demi tahap acara. Perwakilan wisudawan terdiri mereka dalam kategori berprestasi hasil kegiatan akademiknya. Jumlahnya sembilan orang. Opsi pelantikan secara virtual, menghindari kerumunan massa di masa pandemi Covid-19.

Saat memberi sambutan, Rektor Unsil Prof H Rudi Priyadi mengungkapkan, pada pelepasan lulusan kali ini sejumlah 650 orang lulusan. Terdiri tujuh orang lulusan Diploma, 607 sarjana, dan 36 orang lulusan magister.

“Kami selalu berharap pada para wisudawan Universitas Siliwangi dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam wujud karya dan karsa, yang dapat disumbangkan kepada bangsa dan negara sesuai dengan ilmu yang diperoleh, dan kompetensi keahlian masing masing,” kata rektor.

Yang ditekankan lainnya rektor, berbekal ijazah maupun pendamping ijazah yang antara lain berupa sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Siliwangi, mampu bersaing secara unggul dan profesional, baik untuk memperoleh pekerjaan, berwiraswasta, atau melanjutkan studi di jenjang yang lebih tinggi, di dalam negeri maupun di luar negeri.

Pengakuan rektor berikutnya, pihaknya juga berupaya konsisten melakukan continuous improvement, mulai level institusi sampai dengan program studi sesuai dengan standar akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi.

Bahkan ke depan kami juga memiliki cita-cita agar program studi bahkan universitas dapat menerapkan standar internasional sehingga semakin tangguh,” tambahnyagus