Si Gesit 119 Imbangi Serangan C0VID-19 atau Virus Corona




Bukan main main dalam menghadapi serangan gencar COVID-19 atau virus Corona yang kian dahsyat. Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya menyiagakan pasukan Sigesit 119. Ini dimaksudkan guna meningkatkan kewaspadaan pencegahan virus corona di wilayahnya.

Langkah prefentif ini diambil untuk mengantisipasi ketegangan masyarakat dengan adanya pemberitaan gencar media masa terkait virus Corona.

Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto meminta masyarakat tidak panik atas kemunculan virus Corona di Indonesia. Pihaknya telah memerintahkan petugas medis hingga aparatur pemerintah desa aktif melakukan pengawasan di wilayah masing-masing.

"Sosialisasi bahaya Corona terus dilakukan. Kalau ada yang merasa (mengalami) gejala Corona, cepat hubungi Sigesit 119 atau ke puskesmas dan rumah sakit terdekat," kata Ade saat ditemui di kantornya, Selasa (3/3/2020) seperti yang dikutip news.detik.com

Program layanan kesehatan Sigesit 119 bisa dimanfaatkan masyarakat jika menemukan ada yang mengalami gejala Corona.

 Diharapkan, penanganan cepat melalui Sigesit 119 bisa mendeteksi warga yang mengalami gejala mengarah ke COVID 19.

 Sebanyak 40 sepeda motor dan ambulans Sigesit 119 Ddisiagakan dan siap  melayani pasien langsung ke rumah. Ditambah 300 petugas medis juga diperbantukan untuk melayani pasien.

Sementara itu, Rumah Sakit Umum Daerah SMC, Tasikmalaya, juga meningkatkan kewaspadaan. Meski bukan rumah sakit rujukan, RSUD SMC menyediakan ruang isolasi khusus untuk penanganan pasien Corona.

 Ruangan ini sangat steril dengan dilengkapi fasilitas kesehatan lengkap, petugas medis, hingga pakaian pelindung. Nantinya ruang isolasi akan digunakan pasien suspect Corona sebelum dirujuk ke rumah sakit rujukan.


"Kementerian Kesehatan sudah menunjuk rumah sakit rujukan di Priangan Timur.  Seperti RSUD dr Slamet, Garuti," kata Kasie Kemedikan RSUD SMC Tasikmalaya Adi Widodo saat ditemui di kantornya, Selasa (03/3/2020).* sit