Sepakat Mendorong Pemilu 2019 Damai



Mewarnai kegiatan menjelang Pemilu Serentak 2019, di Kota Tasikmalaya, berlangsung Deklarasi Damai Pemilu 2019, Selasa (18/12). Kapolda Jabar, Irjen Pol Agung Budi Maryoto, yang hadir di lokasi mengemukakan, situasi Tasikmalaya sejauh ini cukup kondusif.
Wali Kota Budi Budiman, Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP Febry Ma'ruf, Kapolres Tasikmalaya, AKBP Dony Eka Putra, Dandim, Danlanud serta jajaran anggota DPRD Kota, tampak dalam acara. Deklarasi Damai diikuti perwakilan warga Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, terdiri dari para ulama, unsur ormas dan tokoh masyarakat
Kapolda menyebutkan, situasi kamtibmas wilayah Kota dan Kabupaten Tasikmalaya saat ini relatif kondusif. Karenanya, pihaknya berharap pelaksanaan Pemilu Serentak 17 April 2019 berjalan lancar, aman dan damai.
"Deklarasi ini bertujuan agar kita semua berikrar mengikuti pelaksanaan pemilu dengan damai, tanpa harus bersinggungan walau beda partai atau penyaluran aspirasi. Kita tetap semua bersaudara," kata Agung.
Di tempat sama, Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman menyebutkan, sejauh ini sambutan warga kota terhadap tahapan pemilu yang tengah memasuki masa kampanye, cukup baik. Tidak ada ketersinggungan.
"Pelaksanaan tahapan pemilu di wilayah kami hingga saat ini berjalan dengan baik. Kedewasaan warga kota dalam menghadapi pesta demokrasi ini ikut membawa suasana yang damai, walau pandangan politik mereka sudah tentu berbeda-beda," kata Budi.
Netralitas total
Masih terdapat pernyataan di ajang itu yang disampaikan Kapolda Agung, pihaknya menjamin Polri akan bersikap netral pada Pemilu Serentak 2019. Totalitas netral Polri sudah teruji pada Pilgub Jabar belum lama ini.
"Totalitas Polri bahkan TNI bersikap netral jangan diragukan lagi pada Pemilu Serentak 2019 nanti. Pada Pilgug Jabar kemarin tidak ada laporan anggota Polri maupun TNI yang terlibat politik praktis," katanya. fir