Puskesmas Bantarkalong gelar pelatihan Dokter Kecil bagi puluhan siswa SD/ MI

Pelatihan Dokter Kecil UPT Puskesmas Bantarkalong

Sebanyak 54 siswa/siswi asal 28 SD dan Madrasah ibtidaiyah di Kec. Bantarkalong ikuti pelatihan Dokter kecil yang di laksanakan UPTD puskesmas Bantarkalong Rabu (8/8). Materi pelatihan yang di berikan tenaga kesehatan tersebut meliputi pola hidup bersih dan sehat (PHBS), Cuci tangan Pakai sabun (CTPS),cara menggosok Gigi yang benar, penanganan pertama pada kecelakaan (P3K) khususnya untuk balut membalut luka. Dan lima pilar sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) di lingkungan sekolah.


Ratna Nurbaidah AMKg penanggung jawab kegiatan kepada Tasikplus menyebut kegiatan pelatihan Dokter kecil merupakan hasil kerja sama pihak puskesmas dengan UPTD pendidikan beserta seluruh kepala SD/MI se Kec. Bantarkalong yang mengirimkan 2 orang pelajar tiap SD/MI. sementara pemberi materi bagi Dokter kecil ini semuanya berasal dari puskesmas sesuai dengan bidang kesehatanya. Mereka adalah Hj Leli nurleli,Agus hendra Susilo Skep Ners , Hj Atifah beserta petugas lainya.
"kegiatan pembinaan dan pelatihan bagi 54 dokter kecil tersebut akan terus di lakukan baik di lingkungan puskesmas serta di lingkungan sekolah masing-masing" jelasnya.
Sementara kepala UPTD Puskesmas Bantarkalong Karyana AMKL ditemui terpisah menyebut program pelatihan dokter kecil merupakan salah satu kegiatan yang jadi program unggulan pihaknya, targetnya adalah memanamankan jiwa dan budaya sehat bagi masyarakat sejak anak-anak sehingga di harapkan mereka mampu terbiasa melakukanya sampai dewasa nanti.
"tujuan lainya adalah sebagai cara pengkaderan generasi sehat sehingga nantinya mereka mampu menularkan apa yang mereka dapatkan kepada teman mereka di sekolah dan lingkungan bermain" pungkasnya.

Oleh: MZ. Saeful