Kuasa Hukum Korban Minta ASN Pemkot Tersangka Penganiayaan Diberhentikan Sementara

Kejaksaan Negeri Tasikmalaya

Senin (4/12), Penyidik Polres Tasikmalaya Kota menetapkan Sandra Santika, Auditor Pengawas Pemerintahan Madya di Inspektorat Kota Tasikmalaya sebagi tersangka dugaan penganiayaan terhadap Farhan Gani, rekan sekantornya. Penyidik pun sudah menyampaikan Surat penetapan tersangka tersebut  ke Kejaksaan.

Dalam surat yang ditandatangani Kasatreskrim, Bimo Moernanda SIK MH itu disebutkan, Sandra diduga melakukan tindak pidana penganiayaan sebagaimana yang ditur dalam pasal 351 KUHPidana yang terjadi pada Selasa 14 November 2017 sekira jam 09:00 WIB di ruang Irban III (korban red) Kantor Inspektorat Kota Tasikmalaya, Jl. Perintis Kemerdekaan KM 6, Kel. Kersamenak, Kec. Kawalu, Kota Tasikmalaya.

Inspektur Inspektorat Kota Tasikmalaya, Yono S Karso, membenarkan kalau dari informasi yang ia dapat melalui kuasa hukun Farhan, status Sandra sudah jadi tersangka. Namun ia menolak berbicara lebih lanjut.

Sama dengan Yono, Irban III Inspektorat Farhan yang juga korban dugaan penganiayaan enggan berbicara panjang ikhwal penetapan status tersangka Sandra.

Sementara, salah satu kuasa hukum Farhan Gani, Dani Safari Effendi SH meminta pemkot untuk segera membebastugaskan Sandra untuk sementara. Hal itu sebagaimana tertuang dalam UUU Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menyebutkan, pegawai pemerintah bisa langsung diberhentikan sementara jika berstatus tersangka dan langsung menjalani penahanan dalam kasus tindak pidana. Dani pun menyebut, wali kota telah melawan hukum kalau apa yang tertuang UU ASN itu tak segera dijalankan.

Informasi yang dihimpun Tasikplus, meski sudah ditetapkan sebagai tersangka, polisi tidak menahan Sandra. Kabarnya, sambil proses hukum ini berlanjut, tersangka hanya dikenakan wajib lapor.

Selasa (14/11), Sanda dan Farhan terlibat perseteruan yang berujung pada dugaan penganiayaan. Akibat penganiayaan yang berbuntut pada pelaporan polisi itu, Farhan sampai harus terkapar beberapa hari di RSJK dengan luka memar memanjang di sikut kiri, bibir atas dalam robek dan beberapa gigi atasnya mau copot

Oleh: Piter
 

0 Komentar