OJK Diminta Mengontribusi Efektif Ekonomi Masyarakat

Kepala Kantor OJK Tasikmalaya, Marjuni.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tasikmalaya, Rabu pekan kemarin, menggelar pertemuan tahunan dengan para pelaku usaha industri jasa keuangan se-Priangan Timur. Pertemuan di aula Bank Indonesia Tasikmalaya.

Kecuali kalangan itu, hadir pula sejumlah pimpinan daerah se-Priangan Timur. Pertemuan tersebut, bertepatan dengan peringatan satu momentum sejarah perjalanan kinerja pengawas perbankan, tepatnya Hari Jadi OJK Tasikmalaya yang ke-1.

Saat memberi sambutan, pernyataan Kepala Kantor OJK Tasikmalaya, Marjuni, mengingatkan beberapa hal utama yang harus diperhatikan sektor jasa keuangan, mulai harus dapat mengoptimalkan peran, meningkatkan sektor daya keuangan dalam rangka meningkatkan ekonomi dan pembangunan, serta meningkatkan akses keuangan dan kemandirian finansial masyarakat.

Dari 250 juta penduduk Indonesia, 4,2 juta orang tinggal di Priangan Timur. Dengan jumlah penduduk yang besar, tentu ini menjadi potensi bagi pertumbuhan sektor jasa keuangan di Priangan Timur. Dalam kaitan itu, perlu adanya aspek pendukung percepatan pertumbuhan ekonomi, seperti penyediaan infrastruktur dasar, penciptaan pusat pertumbuhan di berbagai daerah, optimalisasi sumber daya yang ada, plus beberapa aspek pendukung lainnya.

Selain itu, lanjut Marjuni, keberadaan pasar modal harus terus didorong agar lebih optimal. Harapan pihaknya, masyarakat yang menggunakan jasa pasar modal dapat terus meningkat secara signifikan. Sebab, sejauh ini kesadaran masyarakat terhadap dunia investasi masih sangat minim. Bahkan tidak sedikit yang terjebak oleh investasi bodong.

Untuk peningkatan daya tahan sektor jasa keuangan, perlu memperkuat penerapan pengawasan terintegrasi, menyeleraskan standarisasi laporan keuangan, memperkuat penerapan good corporate goverment, pengembangan infrastruktur pasar modal, meningkatkan likuiditas perdagangan surat utang di pasar sekunder, pemantauan dan analisis perlindungan konsumen.

Wali Kota Tasikmalaya H Budi Budiman, saat giliran memberi sambutan, menyatakan, kehadiran otoritas jasa keuangan di Tasikmalaya, diharapkan dapat memiliki kontribusi yang efektif dalam membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. T-25