27
Jum, Apr
2 Artikel Baru

Pelatihan Jurnalistik jadi Bahasan Utama Raker Pokja Media Online Tasik

Sosial
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Kelompok kerja (Pokja) Media Online Tasikmalaya menggelar rapat kerja (raker) pertamanya, Kamis (21/12) di aula Dishubkominfo Kota Tasikmalaya. Pelatihan jurnalistik jadi agenda utama raker ini.

Semua pengurus, anggota dan dewan pembina hadir di raker ini. Termasuk Wali Kota Tasikmalaya, H Budi Budiman, yang notabenenya salah satu dewan pembina pokja

Dalam pelatihan jurnalistik, pemateri lebih menekankan pada kaidah/cara penulisan berita. Mulai dari penempatan tanda baca, kata sambung sampai ejaan yang disempurnakan (EYD).

"Eksistensi wartawan media online yang terhimpun di pokja ini saya amati sudah cukup diakui di Tasikmalaya. Malah diperhitungkan. Bahkan, di beberapa hal, terkadang dipakai sebagai referensi. Oleh karena itu, malu kalau cara penulisan beritanya saja masih belepotan," kata Agus Alamsyah, pemateri.

Apalagi, tutur pemered salah satu surat kabar ini, di era digital sekarang, karya media online sering kali jadi viral di media sosial facebook.

Kaitan dengan era digital, Wali Kota Budi Budiman dalam sambutannya menekankan, wartawan media online setidaknya harus mencatat dua hal yaknk: Peluang dan tantangan.

Peluang, kata Budi, karena melihat ketergantungan masyarakat terhadap internet saat ini sehingga wartawan online harus pandai-pandai mengisi ruang yang dibutuhkan atau mampu menarik perhatian.

"Tantangannya menjangkau dunia. Karena media online ini tidak berbicara lokal, regional maupu nasional melainkan global (dunia). Dan ini tantangan bagi kita untuk bagaimana caranya karya kita bisa dijngkau dunia. Caranya ya itu tadi, pandai mengisi ruang" jelasnya.

Budi berpesan, ke depan, peserta raker ini harus menyajikan informasi sesuai etika jurnalis. Mendidik masyarakat.

Usai pelatihan jurnalistik, ada penyerahan sertifikat pelatihan secara simbolis dan dilanjutkan dengan pembahasan raker. (ter)


Suka dengan artikel ini?, silahkan begikan dan tinggalkan komentar terbaik anda:
Don't have an account yet? Register Now!

Sign in to your account