DPMPTSP Sosialisasi “Sipentas”

Sosial
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tasikmalaya, menggelar sosialisasi pelayanan sistem perizinan online Kota Tasikmalaya, berlangsung Kamis pekan kemarin, bertempat di salah satu hotel.

Wawan Gunawan, Kepala Bidang Penanaman Modal DPMPTSP Kota Tasikmalaya, di kesempatan itu menyebutkan, layanan berbasis internet itu dilaunching tahun 2016 . Hingga sekarang, catatnya, baru sekitar 450-an orang yang mengakses sistem pelayanan perizinan online Kota Tasikmalaya atau “Sipentas”.

Dipilihnya pengalihan model layanan dari semula yang ditandai kunjungi pemohon perizinan ke kantor DPMPTS, ke jejaring internet sebagaimana perkembangan era digital atau teknologi informasi saat ini yang tidak bisa dihindari. Untuk itu, pemkot terus berupaya meningkatkan kualitas dan kemudahan pelayanan, khususnya bidang perizinan.

Menurut Wawan, konsep ini untuk memudahkan akses pembuatan izin, khususnya bagi pelaku usaha. “Selain sistem yang terus kita pacu peningkatan kualitasnya, juga kesiapan pemahaman, baik dari pengelola dan pelaku usaha selaku customer, tentunya program ini tidak akan berjalan dengan baik ketika tidak ada kerja sama dari dua belah pihak,” ujarnya.

Terpisah, Kepala DPMPTS Kota Tasikmalaya, Gungun Pahlagunara SIP menambahkan, selain untuk mengikuti perkembangan zaman, ini pun termasuk di antaranya masukan dari KPK, melalui bidang pencegahan korupsi yang memberikan bimbingan agar layanan publik on the track. Termasuk bimbingan dari LAN.

“Untuk itu, kita sosialisasikan kembali bahwa per 1 Januari 2018, perizinan online dilakukan secara utuh, dan tidak lagi ada form permohonan izin manual.

Tinggal buka internet, masuk website DPMPTSP.  Dihara Gungun, asosiasi pelaku usaha dapat memberitahu anggotanya, bahwa membuat Izin itu tidak perlu susah. “Kita juga buat slogan, ‘Lebih bijak bila mengurus perizinan secara mandiri," imbuhnya.

Selain pendaftaran, pemohon juga bisa melihat progres, sudah sejauhmana proses izin diproses, apa sedang dibahas, sudah berproses atau sudah selesai, semuanya bisa diketahui melalui website. Sekitar Februari tahun depan, pihaknya pun akan menggelar //roadshow// pelayanan perizinan di tingkat kecamatan, agar lebih jelas dan dapat dilaksanakan dengan baik.

Sementara itu, Ketua Kadin Kota Tasikmalaya, Deni Yunizar menilai, upaya ini cukup bagus. “Nanti kita agendakan untuk membuat acara, sebelumnya juha banyak keluhan disampaikan ke kami, dan ini salah satu jawabannya, mempermudah proses perizinan serta meminimalisir biaya,” ucapnya. (pid)


Suka dengan artikel ini?, silahkan begikan dan tinggalkan komentar terbaik anda:
Don't have an account yet? Register Now!

Sign in to your account