Kabar Keagamaan

Ketua MUI Kec. Bantarkalong, Kiai Acep M Amin AZ, saat melantik pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) desa se-Kec. Bantarkalong, Rabu (19/11) di gedung dakwah islamiyah Bantarkalong.*

Keagamaan

Sejarah membuktikan, bahwa peran ulama dalam perjuangan bangsa Indonesia, sejak merebut kemerdekaan sampai sekarang, sangat besar peranannya.

Sebanyak 95 orang calon jemaah haji kloter 80 asal kota Tasikmalaya, Jumat (26/9) pagi telah diberangkatkan.*

Keagamaan

Sebanyak 95 orang calon jemaah haji kloter 80 asal kota Tasikmalaya, Jumat (26/9) pagi telah diberangkatkan.

Balon Bupati Tasikmalaya 2015.*

Keagamaan

Sebanyak 10 calon jemaah haji (calhaj) asal Kota/Kabupaten Tasikmalaya gagal berangkat menunaikan ibadah haji tahun 2014 karena sakit, meninggal, mendampingi suami sakit, dan hamil.

Kesepuluh calhaj tersebut berada di wilayah Kota Tasikmalaya sebanyak lima orang dan Kabupaten Tasikmalaya lima orang. Di kota Tasikmalaya, dua orang meninggal dunia, dan tiga sakit. Sedangkan di Kabupaten Tasikmalaya tercatat dua sakit, belum turun visa 2, dan seorang mendampingi suaminya sakit.

Menurut Kepala Kementrian Agama Kota Tasikmalaya, Ahmad Fathoni, lima calhaj gagal berangkat pada tahun 2014 itu dari jumlah 540 orang. Mereka sudah termasuk kloter 66 yang akan berangkat tanggal 22-9-2014), dan kloter 20 pada 26-9-2014).

"Dua orang yang telah melunasi ongkos naik haji (ONH) yang meninggal dunia akan diberikan kepada ahli warisnya. Namun harus mengajukan surat keterangan kematian dari kelurahan," ujarnya, Selasa (9-9/2014).

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya, Dadang Romansyah mengungkapkan, lima orang yang tertunda itu karena mengalami sakit, hamil, dan mendampingi suami sakit.

"Mereka sudah mengajukan surat dan akan berangkat tahun depan. Sedangkan jumlah calon jemaah haji tahun ini tercatat 1.214 orang," pungkasnya.(Adim)

Unsil Tasikmalaya menawarkan klinik gratis pemeriksaan penularan HIV.*

Keagamaan

Begitu dirasa menyakitkan, seorang calon jemaah haji, asal Kec.Salopa, Kab.Tasikmalaya, siap berangkat menuju Tanah Suci Makah, tiba-tiba mendapat kabar gagal berangkat pada saat yang tak disangka.

Setelah jauh banyak melakukan persiapan, serta berbagai persiapan, justru pernyataan pembatalan bagi Calhaj Dadang, persis saat dirinya naik bis dalam rombongan pemberangkatan massal di kompleks Cipasung, Kec.Singaparna, Kab.Tasikmalaya.

Perjalanan Dadang tertunda, ditinggalkan rombongan latihan haji bersama, pulang dengan lemas penuh pertanyaan atas keputusan itu dari petugas penyelenggara haji di pemkab Tasikmalaya.

Menurut keterangan petugas Urusan Haji Kemenag Kab. Tasikmalaya, Jajang, di lokasi pemberangkatan menyatakan bahwa visa Dadang belum selesai. Namun demikian, keluarga Dadang menyayangkan tentang terlambatnya pemberiatahuan tersebut. Padahal pemberitahuan bisa disampaikan sehari atau beberapa hari sebelumnya, ini malah pemberitahuan disampaikan ketika calhaj Dadang akan naik bus rombongan. (gus)

 

Mengejutkan. Sekitar sebulan lalu, penyelenggaraan pelayanan ibadah haji Tanah Air, menyeret orang nomor satu di Kementerian Agama (Kemenag) RI, jadi tersangka (atas dugaan) penyalahgunaan dana haji.

Menggaungkan syiar Islam lewat satu even bagi pelajar, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kerohanian Islam Siliwangi (Kisi) menggelar ajang “Unsil Islamic Festival” (UAF). Selain diisi pemilihan dai (pilda’i) pelajar jenjang SLTA/sederajat, di dalamnya masih diselenggarakan beberapa kegiatan lain bernapas Islam.

Aj.Lukmanul Hakim

Keagamaan

Sekalangan pengasuh pondok pesantren (pontren) di Kab.Tasikmalaya, menyatakan, perhatian pemerintah terhadap lembaga pendidikan keagamaan ini, dirasa belum berpihak. Ada penganaktirian dengan lembaga-lembaga pendidikan umum. Kalangan ini pun meyakini, lembaga pontren harus tetap mempertahankan kemandirian pontren.

Asyiknya Belajar Baca Al Qur'an

Keagamaan

Lantunan ayat suci Al-Quran itu terdengar mengalun indah. Damai mengelus hati. Suaranya jernih. Apalagi ragam murottal yang dibawakannya langsung mengingatkan pada Masjidil Haram, Mekah. Soalnya ragam seperti itu sering digunakan imam di masjid yang dibangun mengelilingi Ka'bah itu, Syeikh Abdurrahman As-Sudais.

Anshor dan IPNU Protes Materi Soal UAS

Keagamaan

Massa dari organisasi pemuda Anshor dan IPNU Kota Tasikmalaya, menyoal materi soal ujin akhir semester (UAS) pada awal Desember 2012 ini, terutama untuk UAS di jenjang madrasah aliyah. Materi sejarah itu dianggap mereka terdapat kesalahan yang mengusik, khususnya soal penghentian Presiden Gus Dur, dari jabatannya.

Tuntutan berikutnya, meminta pemerintah Kota Tasikmalaya, menarik soal bernomor 33 di ujian tersebut. Isi soal menyebutkan bahwa Gus Dur berhenti dari jabatan presiden lantaran korupsi.  “Soal itu memberi pilihan bahwa jatuhnya Gus Dur akibat masalah hukum. Padahal jelasnya faktor politik,” kata ketua PC Ansor Atang, di acara tersebut, Senin (10/12).

Keluarga Besar Nahdlatul Ulama, sambung dia, keberatan dengan soal sejarah itu. Ini harus ada klarifikasi. Ini sangat disikapi warga Nahdliyin sesuai hukum yang berlaku,” paparnya pada acara aksi di Jl. Dr Sukarjo itu. Aksi mereka, sampai meblokade jalan. Kemudian, sempat menyandra seunit mobil plat merah milik kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tasikmalaya.

Lebih jauh Atang menyebukan, sebagaimana yang tercantum dalam soal UAS itu, terdapat pertanyaan yakni:  ”Penyebab jatuhnya pemerintahan KH Abdur­rahman Wahid adalah: A. kasus Brunei Gate dan Bulog gate, B.pidatonya selalu bersifat kontroversial, C. dukungannya terhadap keluarga cendana, D. mengeluarkan dekrit presiden, E. membubarkan DPR”, dengan isian yang dianggap benar adalah pilihan hurup A.

Sementara itu, Ketua PC IPNU Kota Tasikmalaya, Ofik Taufikul menilai opini yang dimasukan pada satu kurikulum sejarah dijadikan ajaran madrasah aliyah tidak bisa dibenarkan. Apalagi, bagi nahdliyin, alm. Gus Dur sosok mahkota NU yang kalau dilecehkan akan memancing reaksi dari warga NU. 

“Kami mendesak Kementerian Agama Provinsi Jabar untuk menarik soal materi UAS ini. Dan kami pun meminta ketua musyawarah kelompok kerja madrasah aliyah (MK2MA) untuk dicopot dari jabatannya,” ungkapnya.

Kepala Kemenag Kota Tasikmalaya, Ahmad Pathoni, didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan, Budiman Sanusi, Ketua DPRD Agus Wahyudin, tak lama menerima aksi massa, sepakat akan menyampaikan persoalan itu ke pihak terkait.

"Karena mengundang reaksi masyarakat, kami akan sampaikan persoalan ini pada lembaga terkait. Bagi para peserta UAS, kita tolelir soal satu itu. Pokoknya soal itu jangan diisi, alias biarkan saja. Kita siap  menarik soal UAS tersebut," kata Ahmad Pathoni.kris

Tatkala memasuki rua-ngan masjid “Fatimahtun Azzahra” di Kp. Cihandiwung, Desa Parakanhonje, Kec. Bantarkalong, Kab.Tasikmalaya, kesan pertama yang terlihat adalah kebersihan masjid yang sangat terjaga. Kebersihan, sejak hamparan karpet yang menghijau, hingga beberapa sudut ruang yang ada. Di satu sisi puluhan kitab suci Al-Quran tersusun rapih.

Menentkan awal Ramadhan

Keagamaan

Tasikplus: Tinggal menghitung hari, berkisar tanggal 20/21 Juli nanti, umat Islam mulai menjalankan kewajiba berpuasa 1433 Hijriyah. Seperti biasa terjadi, penetepan awal hari pertama Ramadhan di tahun ini berpotensi berbeda antarormas Islam .

Daftarkan informasi pemberitahuan ke email anda untuk berlangganan berita kami.
Don't have an account yet? Register Now!

Sign in to your account