Ekstrajuang Pendidik di Daerah Perbatasan Tasik-Garut

SMK Widya Mukti/Nanang

Pendidikan
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Lebih 100 siswa sejak kelas X - XII yang kini tengah mengenyam pendidikan di SMK Widya Mukti, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya.

Sebagian besar mereka merupakan anak yang nyaris putus sekolah dengan berbagai alasan, mulai persoalan ekonomi, hingga orangtua yang tidak mengizinkan sekolah.

Lembaga pendidikan di tepi ruas Jl.Gunung Satria, ini persis berada di daerah perbatasan Tasikmalaya dengan Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut. Bak sudah jadi nasib kebanyakan infrastruktur yang mesti dipasrahi warganya, di jalur perlintasan penghubung kedua daerah itu dengan kondisi jalan yang rusak berat.

Mengemuka tekad warga pendidik SMK itu, dalam komitmen menampung penduduk usia sekolah tak melanjutkan. Meyakinkan urgensi pendidikan, pemerataan, hingga berusaha meringankan di urusan pembiayaan sebagaimana itu tekad kehadiran sekolah sejak awal.

Para siswa yang belajar di sekolah itu pun kini dalam jumlah terbagi dua, asal wilayah Kab.Tasikmalaya dan Kab.Garut, atau dari kecamatan berbeda. Namun tetap ditampung, dilayani. Tanpa lagi melihat sisi administrasi kependudukan atau asal tempat tinggal mereka. Termasuk dalam kebijakan top sekolah ini, memberlakukan biaya bagi tiap anak sesuai kemampuan masing-masing. nang

Selengkapnya baca SKU Tasikplkus edisi cetak.


Suka dengan artikel ini?, silahkan begikan dan tinggalkan komentar terbaik anda:
Don't have an account yet? Register Now!

Sign in to your account