Rumah Sakit Buang Limbah Berbahaya

Kesehatan
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Para pekerja kebersihan kru Bidang Kebersihan Dinas Tarkim Kota Tasikmalaya, belum lama ini, dibuat terperangah. Di tengah aktivitas angkat dan angkut sampah/limbah mereka mendapati limbah medis produk lembaga pelayanan kesehatan, atau rumah sakit. Tak saja terperangah, namun buntutnya cukup kesal. Pasalnya limbah itu hingga melukai.

Jika memperhatikan regulasi yang mengatur kinerja lembaga layanan medis ini, jelas dipantang ada pembuangan limbah medis ke tempat pembuangan akhir (TPA) sampah umum. Limbah dari rumah sakit sebagian digolongkan bahan beracun berbahaya (B3). Karenanya, perintah aturan rumah sakit diwajibkan mengelola sendiri sistem persampahan/limbahnya.

Peraturan yang mengendalikan pengelolaan sampah/limbah dan Amdal ini, sejak lama ditetapkan dengan Kepmen Kesehatan Nomor 1204/Menkes/SK/X/2004 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit. "Faktanya kita kerap dapati ada rumah sakit yang membuang sampah sembarangan. Malah itu limbah infeksius yang berbahaya. Seorang pekerja kebersihan, sampai harus dirawat. Saat mengangkat sampah di rumah sakit mengenai benda-benda tajam, halnya jarum suntik, slang dan plastik infus, hingga kain perban yang masih penuh darah," papar Kabid Kebersihan Dinas Tarkim Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar.

Pejabat ini mengisyaratkan rumah sakit besar pembuang limbah medis ini beralamat di Jl.Otista Kota Tasikmalaya. Sedangkan krunya yang terkena benda bekas alat medis hingga bengkak, adalah Maman. Pengakuannya, sudah berulang ia ingatkan rumah sakit itu untuk menjalankan Kepmen Kes Nomor 1204/2004.

Kepmen ini melarang aksi serampangan atau asal buang limbah, sebagaimana limbah dari rumah sakit bisa mengancam kesehatan masyarakat, bisa menimbulkan penyakit. Dari beberapa jenis limbah produk rumah sakit, justru yang berceceran kedapatan petugas kebersihan Kota itu, jenis limbah infeksius.

Berdasar Kepmenkes 1204/Menkes/SK/X/2004, limbah infeksius adalah limbah yang terkontaminasi organisme patogen, dan organisme tersebut dalam jumlah serta virulensi yang cukup untuk menularkan penyakit pada manusia rentan. Ada lagi jenis limbah sangat infeksius. Bahan buangan ini berasal dari pembiakan dan stok bahan sangat infeksius, otopsi, organ dan bahan lain yang telah diinokulasi, terinfeksi atau kontak dengan bahan yang sangat infeksius. T-01


Suka dengan artikel ini?, silahkan begikan dan tinggalkan komentar terbaik anda:
Don't have an account yet? Register Now!

Sign in to your account