29
Sab, Jul
14 Artikel Baru

Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Bantarkalong Cukup Tinggi

Kapolsek Bantarkalong, AKP H Dadi Sadariah SH MM, memberikan sosialisasi pemahaman tertib lalu lintas kepada para pelajar SMKN Bantarkalong.*

Sosial
Typography

Untuk meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Bantarkalong, petugas Polsek melakukan sosialisasi kepada pelajar yang menggunakan kendaraan roda dua.

Tingginya angka laka lantas di jalan Tasikmalaya Selatan menjadi persoalan serius bagi aparat kepolisian.  Apalagi dari prosentase laka lantas yang terjadi justru dialami para pelajar, di antaranya sampai menelan korban jiwa. Itulah yang menjadi bahan bagi jajaran Kepolisian Resort Tasikmalaya untuk melakukan langkah peningkatan kesadaran tertib berlalu lintas bagi masyarakat, terutama para pelajar.

Untuk menekan angka laka lantas tersebut, jajaran Polsek Bantarkalong yang menggelar sosialisasi aman dan tertib berkendaraan bagi kalangan pelajar di sejumlah sekolah di wilayah hukum mereka.  Seperti yang terlihat Kamis pekan kemarin, belasan anggota dipimpin langsung Kapolseknya menggelar sosialisasi bagi pelajar SMKN Bantarkalong.  Sejak pagi buta, mereka malakukan sosialisasi serta pemeriksaan sekitar 1.500 unit sepeda motor milik siswa sekolah kejuruan tersebut. Seperti yang terakhir terjadi, seorang pelajar SMK  tewas akibat kecelakaan di jalan raya Cibeureum Simpang, Kec. Bantarkalong.

Dari kegiatan itu diperoleh beberapa temuan, semisal sepeda motor yang dibawa siswa tersebut  tak sesuai standar keamanan berkendaraan di jalan raya. Mayoritas siswa tak memakai helm, dan perlengkapan sepeda motor, yang tak sesuai standar keamanan. Seperti roda dan ban yang diganti kecil dari standar pabriknya, penggunaan  knalpot  brong, tak adanya spion, dan sedikit  pula sepeda motor yang tak berplat nomer.

Mendapati hal tersebut pihak kepolisian sektor Bantarkalong akhirnya membuat kesepakatan dengan pihak sekolah, tapi tak langsung menindak indikasi pelanggaran, yang dilakukan para pelajar tersebut. Hal itu sengaja dilakukan guna memberi kesempatan kepada mereka untuk melengkapi kelengkapan kendaraan sepeda motornya.

Sementara langkah yang dilaksanakan jajaran Polsek Bantarkalong merupakan langkah untuk memberikan pemahaman dan peningkatan kesadaran masyarakat. Terutama para pelajar, agarselalu  mengutamakan keselamatan, kedisiplinan, dan ketertiban dalam berkendaraan di jalan raya demi keselamatan mereka dan pengguna jalan lainnya.

Menurut Kapolsek Bantarkalong, AKP H Dadi Sadariah SHMM, kesepakatan tersebut merupakan langkah awal yang sengaja diterapkan, dengan memberikan kesempatan kepada pihak sekolah untuk membina para  siswa, terkait  aturan, keamanan dan tertib, serta disiplin  berlalu lintas. Setelah hal itu dilakukan, pihaknya akan menertibkan dan menindak para pelajar, yang tak mengindahkan aturan berkendaraan saat ke sekolah. “Saat ini kami hanya melakukan sosialisasi kepada para pelajar, dan masyarakat. Ke depan kita  akan siap menindak tegas bagi para pelanggar lalu lintas,”  jelasnya. T-11

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
Don't have an account yet? Register Now!

Sign in to your account